PENGEMBANGAN MEDIA PARIS (PUZZLE RANTAI MAKANAN DAN SIMBIOSIS) UNTUK PEMBELAJARAN MATERI MENGIDENTIFIKASI SIMBIOSIS DAN RANTAI MAKANAN SISWA KELAS IV SDN SAMBIKEREP I KABUPATEN NGANJUK


Author (Penulis)

RURY DESITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0072

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi awal di SDN Sambikerep I, yang mana ketika proses pembelajaran IPA materi mengidentifikasi simbiosis dan rantai makanan guru menekankan pada penugasan dan ceramah, hingga menyebabkan siswa pasif, maka diperlukan sebuah alat bantu penyampaian informasi berupa media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendiskripsikan validitas media PARIS yang dikembangkan untuk materi simbiosis dan rantai makanan kelas IV SDN Sambikerep I (2) untuk mendiskripsikankeefektivan media PARIS ayng dikembangkan untuk materi simiosis dan rantai makanan (3) untuk mendiskripsikan kemampuan mengidentifikasi simbiosis dan rantai makanan setelah menggunakan media PARIS yang dikembangkan . Tahap pengembangan media PARIS mengacu pada model ADDIE yang mempunyai lima tahapan yaitu analisis, desain, development (pengembangan), implementasi, dan evaluasi terhadap media yang dikembangkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) media PARIS sudah memenuhi kriteria kevalidan setelah divalidasi oleh ahli materi dan media sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran. (2) skor hasil respon guru untuk media PARIS sebesar 90%, dan rata-rata respon siswa mendapat skor 90,25%, kemampuan siswa sebelum menggunakan media senilai 69,25, dan naik senilai 87 setelah menggunakan media pembelajaran, sehingga dapat disimpulkan bahwa media efektif digunakan dalam pembelajaran. (3) kemampuan rata-rata siswa sebelum menggunakan media senilai 69,25 dan setelah menggunakan media senilai 87, sehingga disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami kenaikan setelah menggunakan media PARIS.

 

 

Kata Kunci :pengembangan media PARIS (puzzle rantai makanan dan simbiosis), materi simbiosis dan rantai makanan.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

 

Akbar, Sadun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakara.

 

Anitah W., dkk. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

 

Chamidah. 2014. Penerapan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas 1 di SDN Sidotopo III/50 Surabaya. JPGSD, (Online), 02 (01), tersedia: http://journal.unesa.ac.id/, diunduh 10 April 2017

 

Pribadi, Benny A.. 2010. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

 

Rima Wati, Ega. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

 

Rohisah, R. Verial, Sumardi, Sugeng, P. Didik. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Karakter Ada Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) Pokok Bahasan Teorema Pythagoras untuk SMP Kelas VII. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember, (Online), 05 (02), tersedia: http://jurnal.unej.ac.id/, diunduh 10 April 2017.

 

Suaydi. 2014. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

 


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI