PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SURVEY QUESTION READ RECITED REVIEW (SQ3R) TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMPULKAN ISI CERITA ANAK DALAM BEBERAPA KALIMAT PADA SISWA KELAS V SDI AL-HUDA KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

DAIRABYI AINI ZAIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0071

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan, bahwa proses pembelajaran siswa kelas V SDI Al Huda Kediri pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tentang menyimpulkan isi ceriita anak dalam beberapa kalimat masih berpusat pada guru. Hal demikian tidak dapat membuat siswa terlibat secara langsung dan aktif dalam proses pembelajaran, sehingga mempengaruhi rendahnya kemampuan belajar siswa.  Permasalahan pada penelitian ini adalah : (1) Bagaimana kemampuan menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat dengan menggunakan model pembelajaran Survey Question Read Recited Review (SQ3R) pada siswa kelas V SDI Al Huda Kediri Tahun Ajaran 2017/2018? (2) Bagaimana kemampuan menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat tanpa menggunakan model pembelajaran Survey Question Read Recited Review (SQ3R) pada siswa kelas V SDI Al Huda Kediri Tahun Ajaran 2017/2018? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran Survey Question Read Recited Review (SQ3R) terhadap kemampuan menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat pada siswa kelas V SDI Al Huda Kediri Tahun Ajaran 2017/2018? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen sedangkan teknik penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Design. Teknik pengumpulan data berupa tes dan bentuk instrumennya berupa soal uraian berjumlah lima soal. Simpulan dari penelitian ini adalah : (1) Kemampuan siswa menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat dengan menggunakan model pembelajaran Survey Question Read Recited Review (SQ3R) pada siswa kelas V SDI Al Huda Kediri dinyatakan telah mencapai standar KKM ≥ 75. Hal ini terbukti benar bahwa nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 80,62. (2) Kemampuan siswa menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat tanpa menggunakan model pembelajaran Survey Question Read Recited Review (SQ3R) atau dengan menggunakan metode ceramah pada siswa kelas V SDI Al Huda Kediri dinyatakan tidak mencapai standar KKM < 75. Hal ini terbukti benar bahwa nilai ratarata posttest pada kelas kontrol 72,00. (3) Ada pengaruh model pembelajaran Survey Question Read Recited Review (SQ3R) terhadap kemampuan menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat pada siswa kelas V SDI Al Huda Kediri. Dapat diketahui bahwa Sig. (2tailed) yang diperoleh sebesar 0,00, maka berdasarkan kriteria Sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak yang berarti Ha diterima. Dan didapatkan nilai thitung 2.865 lebih besar dari ttabel 1,670 (2.865 ≥ 1,670).    
Kata Kunci : Model SQ3R, menyimpulkan isi cerita anak.


Keyword

a

Reference

Aqib, Zainal. 2016. Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung : Yiama Widya.  
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.  
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.  
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.  
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca. Bandung : Angkasa Bandung


PUBLISHED

2018-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 11 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI