PENGEMBANGAN MEDIA MINIATUR RUMAH PENGHEMAT ENERGI (MR PENGEN) PADA MATERI CARA MENGHEMAT ENERGI LISTRIK DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI SISWA KELAS III SDN SAMBIKEREP 2 KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

ANGGIS ANDAYANI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0069

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis visual tiga dimensi pada materi cara menghemat energi listrik dalam kehidupan sehari-hari siswa SD kelas III. Media pembelajaran dikembangkan sesuai dengan prosedur pengembangan produk dari ASSURE yang meliputi enam tahap yaitu: (1) Analize Learner (Analisis Pembelajaran), (2) State Objectives (Menyatakan Standar dan Tujuan), (3) Select Methods, Technology, Media, Materials (Memilih Strategi, Teknologi, Media, dan Bahan Ajar), (4) Utilize Technology, Media, Materials (Menggunakan Teknologi, Media, dan Bahan Ajar), (5) Require Learner Participan (Mengembangkan Peserte Didik), (6) Evaluate& Revice (Mengevaluasi dan Merevisi).

Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan angket. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan awal dan kemampuan akhir siswa setelah penggunaan media Miniatur Rumah Penghemat Energi (MR PENGEN). Sedangkan angket untuk mengetahui penilaian ahli terhadap media Miniatur Rumah Penghemat Energi (MR PENGEN) dan respon guru dan respom siswa terhadap media Miniatur Rumah Penghemat Energi (MR PENGEN).

 

Hasil penelitian ini adalah media dinyatakan valid berdasarkan hasil validasi dua ahli dengan rata-rata menghasilkan skor 89,09% untuk ahli media dan 84,00% untuk ahli materi. Media dinyatakan praktis dapat ditentukan dari hasil respon guru pada uji coba terbatas 80%, hasil respon guru pada uji coba luas 90,% dan hasil respon siswa pada uji coba terbatas 88,89%, hasil respon siswa pada uji coba luas 94,44%. Media dinyatakan efektif dapat lihat dari hasil belajar siswa. Pada uji coba terbatas rata-rata pre-test memperoleh nilai 70, sedangkan pada  rata-rata pos-test memperoleh nilai 85. Pada uji coba luas rata-rata pre-test memperoleh nilai 75,4, sedangkan pada rata-rata pos-test memperoleh nilai 89,4. Pada uji coba terbatas dapat dilihat bahwa hasil paired T-tes menunjukkan thitung (5,041) lebih besar dari ttabel (1,814). Pada uji coba luasdapat lihat bahwa hasil paired T-tes menunjukkan thitung (14,623) lebih besar dari pada ttabel (1,711).

Kata kunci: miniatur rumah penghemat energi (MR PENGEN), ASSURE, pembelajaran IPA


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

 

Smaldino, Sharon E,. Debora L. Lowther, James D. Russel. 2011. Teknologi Pembelajaran dan Media Untuk Belajar. Jakarta: Kencanaprenadamedia Group.

Agustiana, I Gusti Ayu Tri Dan I Nyoman Tika. 2013. Konsep Dasar Ipa Aspek Fisika. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamediagroup.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI