ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, Karena pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang bervariasi sehingga alangkah baiknya guru menggunakan model pembelajaran dan media yang bisa meningkatkan pemahaman peserta didik agar hasil belajar siswa agar lebih baik.
Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana hasil belajar siswa pada materi mendeskripsikan sifat-sifat cahaya siswa kelas V SDN Brumbung I Kabupaten Kediri tahun ajaran 2017/2018 menggunakan model pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic (VAK) dengan media audio visual? (2) Bagaimana hasil belajar siswa pada materi mendeskripsikan sifat-sifat cahaya siswa kelas V SDN Brumbung I Kabupaten Kediri tahun ajaran 2017/2018 menggunakan model pembelajaran Direct Instruction? (3) Adakah perbedaan hasil belajar siswa pada materi mendeskripsikan sifat-sifat cahaya siswa kelas V SDN Brumbung I Kabupaten Kediri tahun ajaran 2017/2018 menggunakan model pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic (VAK) dengan media audio visual dibanding model pembelajaran Direct Instruction?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas V SDN Brumbung I. Jenis Teknik pengumpulan data berupa tes, dan instrumennya berupa soal pilihan ganda. (1) Berdasarkan hasil uji t menggunakan SPSS versi 23 for windows didapatkan hasil kelompok eksperimen (sig. = 0,000) dan nilai rata-rata 85,00 (di atas KKM (75)) (2) Kelompok kontrol didapat hasil (sig. = 0.000) dan nilai rata-rata 76.95 (di atas KKM (75)) (3) Sedangkan perbandingan kedua kelas memperoleh hasil Sig. (0,008 < 0,05).
Simpulan hasil penelitian ini adalah : (1) Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic (VAK) dengan media audio visual pada materi mendiskripsikan sifat-sifat cahaya sudah sangat bagus terlihat dari rata-rata yang diperoleh 85,00.(2) Hasil belajar siswa pada kelas kontrol pada materi mendiskripsikan sifat-sifat cahaya lumayan bagus dengan rata-rata 76,95 dan (3) Hasil rata-rata yang diperoleh menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic (VAK) dengan media audio visual dengan penggunaan model pembelajaran Direct Intruction. Dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) (0,008) < 0,05.
KATA KUNCI: Visualization Auditory Kinestetic (VAK), Media Audio Visual, Mendeskripsikan Sifat-sifat Cahaya.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta.