ABSTRAK
Peneliian ini dilatarbelakangi Rendahnya pemahaman siswa terhadap mata pelajaran IPA, siswa cenderung kesulitan dalam memahami materi tersebut dan kurangnya media yang digunakan guru dalam proses mengajar. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan membosankan.. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah Kevalidan media pembelajaran sipeda untuk materi organ peredaran darah manusia pada siswa kelas V SDN Sonoageng I Nganjuk Tahun Ajaran 2017/2018, (2) Bagaimanakah kemampuan mengidentifikasi organ peredaran darah manusia dengan media tiga dimensi Sipeda pada siswa Kelas V SDN Sonoageng I Nganjuk Tahun Ajaran 2017/2018?, (3) Bagaimanakah respon siswa terhadap tiga dimensi Sipeda Kelas V SDN Sonoageng I Nganjuk Tahun Ajaran 2017/2018?”. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and Development) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang dilakukan melalui 5 tahap yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, (5) evaluasi. Subyek penelitian berupa ujicoba terbatas dan uji coba luas. Data mengenai kebutuhan media dianalisis secara kualitaif, sedangkan data hasil validasi media dan uji validasi perangkat pembelajaran dianalisis menggunakan teknik deskriptif presentase. Hasil pengembangan ini menghasilkan produk berupa Tiga dimensi Sipeda. Validasi produk menunjukkan bahwa penilaian ahli media aitu sebesar 94 termasuk kedalam kriteria sangat valid. Validasi perangkat media meliputi silabus yaitu sebesar 90 termasuk kedalam kriteria sangat valid, meliputi RPP yaitu sebesar 88,6 termasuk kedalam kriteria sangat valid, meliputi Bahan ajar yaitu sebesar 91 termasuk kedalam kriteria sangat valid. Dari hasil validasi dilakukan perhitungan validasi gabungan dengan hasil 90,9, menunjukkan kriteria sangat valid, sangat efektif, dan dapat digunakan tanpa revisi. Hasil peneliian ini adalah (1) media tiga dimensi Sipeda ini valid untuk digunakan, (2) media tiga dimensi Sipeda membuat siswa mampu mengidentifikasi organ peredaran darah manusia (3) respon siswa pada saat pembelajaran menunjukkan sangat antusias dan aktif.
KATA KUNCI : Media Pembelajaran, Tiga Dimensi, Sipeda, Organ Peredaran Darah Manusia.
Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Asrotun. 2014. Penggunaan Media Tiga Dimensi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika . Skripsi dipublikasikan, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri. Jakarta
Ayu, I Gusti. 2014. Konsep dasar IPA : Aspek Biologi. Yogyakarta : Penerbit Ombak
Azhar, Arsyad. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Benny. A.Pribadi. 2012. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat
|| 7 ||
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Cetakan I. Bandung : Satu Nusa
Durri. Andriani,dkk. 2013. Metode Penelitian. Tanggerang Selatan : Universitas Terbuka
Ernawati, Dwi Septiwiharti & Anthonius Palimbong. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Belajar Kelompok (Learning Group) Pada Pembelajaran PKn Kelas V SDN 1 Palasa. (Online), 1 (1): 103-113, tersedia: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2518, diunduh 21 April 2018.
Evelyn. C.P. 2009. Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis. Jakarta : PT Gramedia
Hobri. 2010. Metodologi Penelitian Pengembangan. Jember: Pena Salsabila.
Nurhidayati. 2008. “Laporan Perbaikan Pembelajaran Sains”. Tidak diterbitkan. Skripsi : jember. Universitas Terbuka (UPBJJ)
Riduwan. 2013. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta
Sadiman, S.Arief. 2007. Media Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafinso Persada.
Sudjana,Nana. 2010. Media Pengajaran cetakan kesembilan. Bandung : Sinar baru
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
|| 8 ||
Widoyoko, Eko P. 2014. Teknik penyusunan Instrumen Penelitian cetakan ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar