PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SUMBER ENERGI DAN KEGUNAANYA PADA SISWA KELAS III SDN PURWODADI 1 KEC.KRAS KAB.KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

DEWI PUSPA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0066

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, Karena pembelajaran yang dilakukan guru masih diangap terlalu terpaku pada buku teksSehingga hal tersebut berpengaruh pada kemampuan penguasaan materi dan hasil belajar siswa.
Permasalahan penelitian ini adalah(1) Bagaimana kemampuan mengidentifikasisumber energi dan kegunaanya dengan menggunakan model SFE didukung media visual siswa kelas III SDN Purwodadi 1 ? (2) Bagaimana kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaanya dengan menggunakan model pembelajaran langsung siswa kelas III SDN Purwodadi 1 ? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran SFE didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaanya pada siswa kelas III SDN Purwodadi 1?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas III SDN Purwodadi 1.Instrumennya berupa soal Pilihann Ganda. (1) Berdasarkan hasil uji t menggunakan SPSS versi 23 for windows hasil kelompok eksperimen (sig. = 0,000) dan mean 80,40 (di atas KKM (75)) (2) Kelompok kontrol didapat hasil (sig. =,0,86) dan mean 71,80 (di bawah KKM (75)) (3) pada rumusan ketida memperoleh hasil Sig. (0,008 <0,05).
Simpulan hasil penelitian ini adalah : (1) kemampuan siswa pada kelas eksperimen dalam pembelajaran SFE didukung media visualdinyatakan mampu atau berhasil; (2) kemampuan siswa pada kelas kontrol dalam mengidentifikasi sumber energi dan kegunaanya menggunakan model pembelajaran langsung pada siswa kelas dinyatakan kurang mampu; dan (3) ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan modelSFE didukung media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaanya pada siswa kelas III SDN Purwodadi I Kabupaten Kediri.


Keyword

a

Reference

Arikunto, S. 2010.ProsedurPenelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta:RinekaCipta.
Arsyad,Azhar. 2013. MediaPembelajaran. Jakarta:RajaGrafindoPersada.
Fatonah, S dan Zuhdan K Prasetyo.2014.Pembelajaran Sins.Bandung:PustakaPelajar.
Kurniasih, I dan Berlin Sari.2017.Ragam PengembanganModelPembelajaran.Bandung:kata pena.
Soetopo,Hedyat.2016.Pendidikandan Pembelajaran.Jakarta:Rosda.
Undang-Undang Dasar Republik Indoneisa.No.20. 2003.
Samatowa, U.2016.PembelajaranIPA di SD. Jakarta:Indeks.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI