PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI BEBERAPA JENIS HUBUNGAN KHAS (SIMBIOSIS) DAN HUBUNGAN MAKAN DAN DIMAKAN ANTAR MAKHLUK HIDUP (RANTAI MAKANAN) SISWA KELAS IV SDN PUHJARAK 1 KECAMATAN PLEMAHAN KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

LAILY MAHMUDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0065

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi pembelajaran IPA materi hubungan khas (simbiosis) dan hubungan makan dan dimakan antar makhluk hidup (rantai makanan) di SD masih dilakukan secara konvensional. Guru minim menggunakan media dalam proses pembelajaran dan hanya terpaku pada buku teks. Tanpa didukung media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kemampuan siswa mengidentifikasi hubungan makan dan dimakan antar makhluk hidup (rantai makanan) dengan menggunakan media monopoli, (2) mengetahui kemampuan siswa mengidentifikasi hubungan makan dan dimakan antar makhluk hidup (rantai makanan) tanpa menggunakan media monopoli, (3) mengetahui pengaruh penggunaan media monopoli terhadap kemampuan mengidentifikasi hubungan makan dan dimakan antar makhluk hidup (rantai makanan). Penelitian ini menggunakan menggunakan metode eksperimental dengan teknik kuantitatif. Subjek penelitian ini diambil dari kelas IV SDN Puhjarak 1 yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan tes. Hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan siswa dengan menggunakan media monopoli dalam mengidentifikasi hubungan makan dan dimakan antar makhluk hidup (rantai makanan) dengan presentase 88,8% siswa memenuhi kriteria ketuntasan maksimal (KKM), (2) kemampuan siswa tanpa menggunakan media monopoli dalam mengidentifikasi hubungan makan dan dimakan antar makhluk hidup (rantai makanan) dengan presentase 85,1% siswa memenuhi kriteria ketuntasan maksimal (KKM), (3) ada pengaruh penggunaan media monopoli terhadap kemampuan mengidentifikasi hubungan makan dan dimakan antar makhluk hidup (rantai makanan).


Keyword

MEDIA MONOPOLI, MENGIDENTIFIKASI BEBERAPA JENIS HUBUNGAN KHAS (SIMBIOSIS) DAN HUBUNGAN MAKAN DAN DIMAKAN ANTAR MAKHLUK HIDUP (RANTAI MAKANAN)

Reference

Agustina, I Gusti Ayu. 2014. Konsep dasar IPA Aspek Biologi. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Aqib, Zainal. 2013. Mode-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontektual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Haryono. 2013. Pembelajaran IPA Yang Menarik Dan Mengasyikan Teori Dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Penerbit Kepe Press.

Laila, Alfi Dan Sutrisno Sahari. 2016. Peningkatan Kreatifitas Mahasiswa dalam Pemanfaatan Barang-Barang Bekas pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. JPDN, (Online), 1 (2): 1-15, tersedia: http://efektor.unpkediri. ac.id, diunduh 17 Juli 2017.

Rahayu, Surti. 2016. Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Konsep Mol Menggunakan Papan Monopoli Sebagai Pembelajaran PAIKEM. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, (Online),17 (5) : 82-88 tersedia: http://i-rpp.com, diunduh 22 November 2017.

Riduwan. 2015. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sadiman, Arief S. 2012. Media Pendidikan. Depok: Rajawali Pers.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Penerbit Kencana Paramedia Group.

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam media pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.


PUBLISHED

2019-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade