PENGEMBANGAN MEDIA SIKLUS METAMORFOSIS HEWAN UNTUK PEMBELAJARAN MATERI MENDISKRIPSIKAN DAUR HIDUP HEWAN DI LINGKUNGAN SEKITAR PADA SISWA KELAS IV SDN PENATARAN 01 KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2017/218


Author (Penulis)

ENGGAL ANGGRAHENI RAHAYU SETITI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0062

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengalaman dan pengamatan, bahwa dalam pembelajaran guru kurang kreatif, dan inovatif dalam mengembangkan media pembelajaran. Pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi daur hidup hewan di lingkungan sekitar guru masih mengacu pada buku paket dengan metode ceramah tanpa menggunakan media. Dampak dari hal tersebut siswa  menjadi tidak aktif dalam pembelajaran karena bosan dan tidak menarik. Hal tersebut terlihat dari rendahnya  hasil belajar siswa. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kevalidan pengembangan media siklus metamorfosis hewan materi daur hidup hewan di lingkungan sekitar untuk siswa kelas IV SDN Penataran 01 Kabupaten Blitar? (2) Bagaimana kemampuan siswa dalam mendeskripsikan materi daur hewan di lingkungan sekitar menggunakan media siklus metamorfosis hewan kelas IV SDN Penataran 01 Kabupaten Blitar? (3) Bagaimana keefektivan pengembangan media siklus metamorfosis hewan untuk mendeskripsikan daur hidup hewan di lingkungan sekitar pada siswa kelas IV SDN Penataran 01 Kabupaten Blitar?. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) yang memiliki tujuan menghasilkan  produk yaitu berupa media siklus metamorfosis hewan. Produk yang dihasilkan yang berupa media siklus metamorfosis hewan adalah tergolong dalam media visual tiga dimensi. Tahapan penelitian ini mengacu model desain  ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation).  Kesimpulan hasil penelitian pengembangan siklus metamorfosis hewan yaitu (1) Media siklus metamorfosis hewan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi, hasil validasi sudah termasuk dalam kriteria valid dengan presentase kevalidan ahli media 87% dan ahli materi 88%, media dinyatakan dapat digunakan tanpa perbaikan. (2) Siswa mampu mendeskripsikan daur hidup hewan dilingkungan sekitar menggunakan media siklus metamorfosis hewan, dibuktikan dengan adanya pengaruh hasil belajar dan diperoleh thitung 5.433 > ttabel 0.2075, hal tersebut menunjukkan hasil yang signifikan dan H0 ditolak. (3) Media siklus metamorfosis hewan efektif, dapat dilihat dari jumlah skor respon guru sebesar 94% dan jumlah skor respon siswa sebesar 90% dengan kriteria efektif dan dapat digunakan tanpa perbaikan.

 

KATA KUNCI  : Media Siklus Metamorfosis Hewan, Daur Hidup Hewan Di Lingkungan  Sekitar


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Akbar, Sa’dun. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakara.

 

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

 

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran Edisi Ke-2 Revisi. Jogjakarta: Gava Media.

 

Sudjana, Nana & Ahmad Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Agesindo.

 

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

 

Tritanto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

 

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI