ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengalaman dan pengamatan, bahwa dalam pembelajaran guru kurang kreatif, dan inovatif dalam mengembangkan media pembelajaran. Pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi daur hidup hewan di lingkungan sekitar guru masih mengacu pada buku paket dengan metode ceramah tanpa menggunakan media. Dampak dari hal tersebut siswa menjadi tidak aktif dalam pembelajaran karena bosan dan tidak menarik. Hal tersebut terlihat dari rendahnya hasil belajar siswa. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kevalidan pengembangan media siklus metamorfosis hewan materi daur hidup hewan di lingkungan sekitar untuk siswa kelas IV SDN Penataran 01 Kabupaten Blitar? (2) Bagaimana kemampuan siswa dalam mendeskripsikan materi daur hewan di lingkungan sekitar menggunakan media siklus metamorfosis hewan kelas IV SDN Penataran 01 Kabupaten Blitar? (3) Bagaimana keefektivan pengembangan media siklus metamorfosis hewan untuk mendeskripsikan daur hidup hewan di lingkungan sekitar pada siswa kelas IV SDN Penataran 01 Kabupaten Blitar?. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) yang memiliki tujuan menghasilkan produk yaitu berupa media siklus metamorfosis hewan. Produk yang dihasilkan yang berupa media siklus metamorfosis hewan adalah tergolong dalam media visual tiga dimensi. Tahapan penelitian ini mengacu model desain ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation). Kesimpulan hasil penelitian pengembangan siklus metamorfosis hewan yaitu (1) Media siklus metamorfosis hewan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi, hasil validasi sudah termasuk dalam kriteria valid dengan presentase kevalidan ahli media 87% dan ahli materi 88%, media dinyatakan dapat digunakan tanpa perbaikan. (2) Siswa mampu mendeskripsikan daur hidup hewan dilingkungan sekitar menggunakan media siklus metamorfosis hewan, dibuktikan dengan adanya pengaruh hasil belajar dan diperoleh thitung 5.433 > ttabel 0.2075, hal tersebut menunjukkan hasil yang signifikan dan H0 ditolak. (3) Media siklus metamorfosis hewan efektif, dapat dilihat dari jumlah skor respon guru sebesar 94% dan jumlah skor respon siswa sebesar 90% dengan kriteria efektif dan dapat digunakan tanpa perbaikan.
KATA KUNCI : Media Siklus Metamorfosis Hewan, Daur Hidup Hewan Di Lingkungan Sekitar
DAFTAR PUSTAKA
Akbar, Sa’dun. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakara.
Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Daryanto. 2016. Media Pembelajaran Edisi Ke-2 Revisi. Jogjakarta: Gava Media.
Sudjana, Nana & Ahmad Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Agesindo.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tritanto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.