STUDI KOMPARASI PENGARUH MEDIA VISUAL DAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI BERBAGAI BANGUN DATAR SEDERHANA MENURUT SIFAT ATAU UNSURNYA PADA SISWA KELAS III SDN SUGIHWARAS KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2017/2018.


Author (Penulis)

MOH. ZAIMMUDDIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0058

Abstract

MOH.ZAIMMUDIN: Studi Komparasi Pengaruh Media Visual dan Media Audio Visual terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Berbagai Bangun Datar Sederhana Menurut Sifat atau Unsurnya  pada  Siswa Kelas III SDN Sugihwaras Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2017/2018, Skripsi, PGSD, FKIP UNP Kediri, 2018.

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi di SDN Sugihwaras Kabupaten Nganjuk hanya berpedoman pada buku paket dan LKS sehingga proses pembelajaran monoton, kurang menarik, dan siswa kurang bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Matematika.

     Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya pada siswa kelas III SDN Sugihwaras 1 Kabupaten Nganjuk Tahun pelajaran 2017/2018? (2) Bagaimana pengaruh media audio visual terhadap kemampuan mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya pada siswa kelas III SDN Sugihwaras 2 Kabupaten Nganjuk Tahun pelajaran 2017/2018? (3) Adakah perbedaan pengaruh media visual terhadap kemampuan mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya pada siswa kelas III SDN Sugihwaras 1 dan SDN Sugihwaras 2 Kabupaten Nganjuk Tahun pelajaran 2017/2018?.

       Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan teknik penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Sugihwaras Kabupaten Nganjuk. Teknik pengumpulan data berupa tes, yang terdiri atas soal uraian berjumlah 15 soal. Analisis data menggunakan rumus uji-t.

Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) Media visual berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya pada siswa kelas III SDN Sugihwaras 1 Kabupaten Nganjuk Tahun pelajaran 2017/2018. (2)Media audio visual berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya  pada siswa kelas III SDN Sugihwaras 2 Kabupaten Nganjuk Tahun pelajaran 2017/2018. (3) Ada perbedaan pengaruh media visual dan media audio visual terhadap kemampuan mengidentifikasi berbagai bangun datar sederhana menurut sifat atau unsurnya  pada siswa kelas III SDN Sugihwaras 1 dan SDN Sugihwaras 2 Kabupaten Nganjuk Tahun pelajaran 2017/2018 dengan keunggulan pada penggunaan media audio visual.

 

Kata kunci : Media Visual, Audio Visual, Sifat atau Unsur Bangun Datar.

 


Keyword

MEDIA VISUAL, MEDIA AUDIO VISUAL, MENGIDENTIFIKASI BERBAGAI BANGUN DATAR SEDERHANA MENURUT SIFAT ATAU UNSURNYA

Reference

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
 
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grapindo Persada.
 
Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.  

Defi, Triratnawati , Nur Fajariyah. 2008. Cerdas Berhitung Matematika. Jakarta: CV. Grahadi
 
 

 


PUBLISHED

2019-02-09

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade