PENGARUH MODEL COURSE REVIEW HORAY DIDUKUNG MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SUMBER ENERGI DAN KEGUNAANNYA PADA SISWA KELAS III SDN KARANGTALUN 1 KAB. TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

EMILDA PURI ANUGRAHINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0056

Abstract

ABSTRAK

Emilda Puri Anugraini: Pengaruh Model Course Review Horay Didukung Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Mengidentififkasi Sumber Energi Dan Kegunaannya Pada Siswa Kelas III SDN Karangtalun 1 Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2018

 

      Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti, yaitu kemampuan siswa dalam materi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III masih rendah. Hal ini disebabkan karena penyampaian pembelajaran masih terkesan monoton yaitu guru cenderung menggunakan model pembelajaran langsung yang secara konvensional masih menggunakan metode ceramah tanpa didukung media. Salah satu cara untuk mengatasi agar masalah tersebut terselesaikan adalah menggunakan model pembelajaran didukung suatu media belajar yang tepat, yaitu dengan  menggunakan model course review horay didukung media audio visual.

      Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya dengan menggunakan model course review horay didukung media audio visual pada siswa kelas III SDN Karangtalun 1; (2) mengetahui kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada siswa kelas III SDN Karangtalun 1; (3) mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan model course review horay didukung media audio visual dibanding model pembelajaran langsung terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN Karangtalun 1.

      Penelitan ini menggunakan pendekatan kuantitatif dangan teknik penelitian eksperimen tipe quasi experimental design dengan mengambil jenisnya nonequivalent control group design. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas III SDN Karangtalun 1 tahun ajaran 2017/2018.

      Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran course review horay didukung media audio visual  terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya terbukti dengan nilai rerata  KKM 75 yaitu 84,40 ; (2) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya  terbukti dengan nilai rerata < KKM 75 yaitu 74, 20 ; (3) Ada perbedaan pengaruh penggunaan model course review horay didukung media audio visual dibanding penggunaan model pembelajaran langsung dengan perbandingan rerata 84,40 > 74,20.

Kata kunci: Model course review horay, media audio visual, kemampuan mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya.


Keyword

a

Reference

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Sugiono. 2010. Belajar & Pembelajaran. Kediri: Universitas Nusantara PGRI

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.  Cetakan ke 22. Bandung: Alfabeta.

Uno, Hamzah B dan Nurdin Mohamad. 2014. Belajar dengan Pendekatan Pailkem. Jakarta: Bumi Aksara.

W, Sri Anitah, dkk. 2009. Strategi Pembelajaran di SD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.s

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Pemerintah Provinsi Jawa Timur: Biro Mental Spiritual.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


PUBLISHED

2018-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI