PENGEMBANGAN MEDIA RUMAH BERSUDUT (RUMBERDUT) UNTUK MATERI PENGUKURAN SUDUT KELAS V SDN MRICAN 2 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

RESTIKA NOVITA RAHAYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0053

Abstract

ABSTRAK
Restika Novita Rahayu: Pengembangan Media Rumah Bersudut (RUMBERDUT) untuk
Materi Pengukuran Sudut Kelas V SDN Mrican 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018,
Skripsi, PGSD,FKIP UN PGRI Kediri, 2017.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil penelitian pendahuluan yang menyatakan bahwa
pembelajaran Matematika di SD masih monoton dan membosankan, karena hanya
menggunakan metode ceramah tanpa menyediakan media yang bervariasi untuk menarik
perhatian siswa. Akibatnya motivasi belajar siswa kurang, kelas terlihat pasif dan materi tidak
tersampaikan dengan maksimal sehingga hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui: (1) prosedur pengembangan media rumah bersudut (RUMBERDUT)
untuk materi pengukuran sudut (2) kevalidan media rumah bersudut (RUMBERDUT) untuk
materi pengukuran sudut (3) keefektifan media rumah bersudut (RUMBERDUT) untuk materi
pengukuran sudut.Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (Research
And Development) yang mengacu pada model desain ADDIE yang dimodifikasi yaitu, dengan
tahap analysis, design, development dan implementation. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V
SDN Mrican 2 kota Kediri. Tahap validasi penelitian ini yaitu validasi media kepada ahli media
matematika. Keefektifan diperoleh dari hasil respon siswa dan respon guru yang menggunakan
dua angket yaitu angket respon siswa dan angket respon guru, dan penilaian hasil pembelajaran
diperoleh dari hasil post-test. Hasil penelitian ini adalah (1) pada pengembangan media rumah
bersudut menggunakan model desain ADDIE yang telah dimodifikasi sehingga penelitian ini
hanya dilakukan empat tahap yaitu analysis, design, development dan implementation, (2)
berdasarkan presentase hasil validasi media diperoleh 87,5% sehingga dapat di simpulkan
bahwa media rumah bersudut (RUMBERDUT) valid, (3) berdasarkan presentase respon guru
mendapatkan hasil 96%, presentase respon siswa 95,93%, dan rata-rata hasil post-test 84,10,
sehingga dapat disimpulkan bahwa media rumah bersudut (RUMBERDUT) efektif.
Kata kunci: media rumah bersudut (RUMBERDUT), pengukuran sudut.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Akbar, S. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Daryanto.     2016.  Media  Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Karso.  2008.  Pendidikan  Matematika  1. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Pribadi, A.B.  2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta. Dian Rakyat.

Riduwan.  2013.  Dasar-dasar  Statistika. Bandung. Alfabeta


PUBLISHED

2018-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI