ABSTRAK
Siska Yesi Wulandari : Pengembangan Media Globe Struktur Bumi Untuk Pembelajaran Materi Mendeskripsikan Struktur Bumi Siswa Kelas V SDN Jatigreges 1 Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2017/2018, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2018.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan yang peneliti lakukan bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SD masih berpusat pada guru dimana guru masih menggunakan metode ceramah dan menggunakan media yang tidak sesuai dengan materi. Hal tersebut membuat pembelajaran menjadi membosankan serta siswa menjadi pasif. Permasalahan penelitian ini adalah (1) bagaimana kevalidan media globe struktur bumi yang dikembangkan pada materi mendeskripsikan struktur bumi siswa kelas V SDN Jatigreges 1 Kabupaten Nganjuk; (2) bagaimana kemampuan siswa dalam pembelajaran materi mendeskripsikan struktur bumi dengan menggunakan media globe struktur bumi yang dikembangkan pada ssiwa kelas V SDN Jatigreges 1 Kabupaten Nganjuk; (3) bagaimana keefektifan media globe struktur bumi yang dikembangkan pada materi mendeskripsikan struktur bumi siswa kelas V SDN Jatigreges 1 Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model penelitian pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Jatigreges 1 Kabupaten Nganjuk yang berjumlah 30 siswa. Simpulan hasil penelitian ini adalah (1) media globe struktur bumi yang dikembangkan valid digunakan pada materi struktur bumi dengan perolehan skor validasi media sebesar 87,00%. Produk dikatakan valid jika mendapat skor 81,00%-100%; (2) media globe struktur yang dikembangkan berpengaruh terhadap kemampuan siswa dengan nilai hasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol dan diperoleh thitung 5,745 > ttabel 0,2181, hal tersebut menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media globe struktur bumi dengan hasil yang signifikan, dimana Ha diterima dan Ho ditolak; (3) media globe struktur bumi yang dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran mendeskripsikan struktur bumi dimana 30 siswa mendapat nilai tuntas 100%. Selain itu keefektifan media juga diperoleh dari skor angket respon siswa yang mendapat skor 90,7% dan respon guru mendapat skor 90%. Hasil tersebut dikatakan efektif karena > 50% siswa menyenangi pembelajaran dengan menggunakan media globe struktur bumi.
Kata Kunci : Media Globe Struktur Bumi, Mendeskripsikan Struktur Bumi.
DAFTAR PUSTAKA
Agustina, I Gusti A.T. 2013. Konsep Dasar Ipa Aspek Fisika. Yogyakarta: Ombak Dua
Akbar, Sa’dun. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Asyar, Rayandra H. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava media.
Pribadi, A. Benny. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Riduwan. 2015. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung; Sinar Baru Algesindo]
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran diSekolah Dasar. Jakarta: Praneda Media Group.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pemerintah Provinsi Jawa Timur: Biro Mental Spiritual.
Wati, Rima Ega. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.