PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENGHARGAI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA PADA SISWA KELAS V SDN MRICAN KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

BETY LUSIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0051

Abstract

Abstrak

Bety Lusiana: Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Didukung Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Menghargai Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia pada Siswa Kelas V SDN Mrican Kota Kediri, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2018.

 

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman, bahwa pembelajaran IPS di SD masih didominasi dengan model pembelajaran langsung, dimana guru masih menjadi satu-satunya sumber belajar. Guru aktif dalam pembelajaran sementara siswa pasif. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari hasil belajar siswa yang rendah.

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut (1) untuk mengetahui hasil belajar menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia dengan menggunakan model Talking Stick didukung media  gambar pada pada siswa kelas V SDN Mrican Kota Kediri (2) untuk mengetahui hasil belajar menghargai kergaman suku bangsa dan budaya di Indonesia dengan menggunakan model Direct Instruction pada siswa kelas V SDN Mrican Kota Kediri (3) untuk mengetahui pengaruh model Talking Stick didukung media gambar terhadap hasil belajar menghargai kergaman suku bangsa dan budaya di Indonesia pada siswa  kelas V SDN Mrican Kota Kediri.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik eksperimen. Desain yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent  Control Group Design. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas  kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa perangkat pembelajaran dan tes. Teknik analisis data menggunakan t-test.

Pada penelitian ini, tekmik pengumplan data menggunakan tes dengan materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. dari hasil analisis data, pada kelas eksperimen (kelas VA) menggunakan model pembelajaran Talking Stick didukung media gambar nilai rata-rata siswa adalah 84,86 dengan ketuntasan mencapai 89,2%. Sedangkan pada kelas kontrol (VB), menggunakan model pembelajaran Direct Instruction diperoleh nilai rata-rata 69,57 dengan ketuntasan mencapai 26,6%. Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Talking Stick didukung media gambar terhadap hasil belajar menghargai keragaman suku  bangsa dan budaya di Indonesia siswa kelas V SDN Mrican Kota Kediri tahun ajaran 2017/2018.

Kata Kunci:  Talking Stick, media gambar, hasil belajar menghargai keragaman    suku bangsa dan budaya di Indonesia.


Keyword

a

Reference

Angkowo, R. dan Kosasih, A. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo.

Kurniasih, I dan Berlin Sani, B. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran : Kata Pena.

Sardjiyo, Dkk. 2008. Pendidikan IPS di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Trianto.2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI