ABSTRAK
Penelitian ini di latar belakangi terdapat siswa yang memiliki pemahaman yang rendah terhadap buku teks. Hasil observasi, dari 21 siswa hanya 11 siswa atau sebesar 52,3% nilai di atas KKM. Nilai siswa yang kurang dari KKM dikarenakan isi dari buku paket dan buku lembar kerja siswa lebih banyak berisikan narasi tentang suatu peristiwa, sehingga menyebabkan siswa jenuh, kurang paham terhadap buku teks. Sedikitnya foto atau gambar dalam materi menjadikan guru untuk melakukan kerja dua kali untuk mencari gambar agar siswa tertarik terhadap materi pelajaran. Seringnya guru memberikan ceramah narasi menjadikan guru lebih dominan dan mengurangi tanggung jawab belajar seorang siswa. Bahan ajar juga tidak memberikan kontribusi kepada siswa untuk bekerja kelompok sehingga banyak siswa cenderung individualis, bersikap terutup terhadap teman. Tujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan bahan ajar berbasis kooperatif-STAD dan respon guru maupun siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development dengan desain model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Sumber Bendo 2 Kecamatan Pare. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitarif dan analisis deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan 75% guru memberikan tanggapan sangat setuju terhadap bahan ajar berbasis kooperatif-STAD dan 65% siswa memberikan tanggapan sangat setuju terhadap bahan ajar berbasis kooperatif-STAD. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis kooperatif-STAD materi mendeskripsikan energi panas dan bunyi di lingkungan sekitar pada siswa kelas IV Sekolah Dasar yang telah diterapkan dalam pembelajaran memperoleh respon baik dan layak digunakan. Disarankan bagi guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam membuat bahan ajar karena bahan ajar yang dikembangkan ini dapat membantu siswa untuk lebih memahami materi pelajaran
KATA KUNCI : bahan ajar berbasis kooperatif-STAD; mendeskripsikan energi panas dan bunyi di lingkungan sekitar
DAFTAR PUSTAKA
Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Isjoni. 2013. Coorperative Learning. Bandung: Alfabeta
Ruhimat dkk. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers. Jurnal Kata, (Online), tersedia: http://jurnal.fkip.unila.ac.id, diunduh 20 Juli 2017
Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta: Diva Press
McGriff, Steven J. 2000. Instructional System Design (ISD): Using the ADDIE Model. College of Education, Penn State University. http://www.seas.gwu.edu/~sbraxton/ISD/general_phases.html. Diunduh tanggal 21 Juli 2018
Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta: Diva Press
Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesif. Jakarta: Prenada Media Group
Tursinawati. (2008). Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing Untuk meningkatkan penguasaan konsep dan pemahaman hakikat sains siswa. Tesis. Tidak publikasikan. Bandung: UPI Press.