PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKA-TEKI SILANG UNTUK MATERI STRUKTUR BUNGA DAN FUNGSINYA SISWA KELAS IV SDN NGROMBOT KABUPATEN NGANJUK


Author (Penulis)

ARIES OKTAVIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0044

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengelaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didominasi oleh aktifitas klasikal dengan dominasi pada peran guru. Salah satu penyebabnya adalah dalam proses pembelajaran kebanyakan guru tidak menggunakan media pembelajaran dan hanya terpaku pada buku teks sebagai satu-satunya sumber belajar mengajar. Selain itu, guru hanya menggunakan media yang ada disekolah untuk proses pembelajaran. Akibatnya suasana kelas monoton, pasif, dan yang pada akhirnya hasil belajaranyapun juga rendah.

Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kevalidan media pembelajaran teka-teki silang untuk materi struktur bunga dan fungsinya siswa kelas IV SDN Ngrombot? (2) Bagaimanakah kepraktisan media pembelajaran teka-teki silang untuk materi stuktur bunga dan fungsinya siswa kelas IV SDN Ngrombot? (3) Bagimanakah keefektifan media pembelajaran teka-teki silang untuk struktur bunga dan fungsinya siswa kelas IV SDN Ngrombot?.

Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk media pembelajaran teka-teki silang untuk materi struktur bunga dan fungsinya. Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan media pembelajaran teka-teki silang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang mencakup 5 tahapan yaitu 1) Tahap Analisis, 2) Tahap Desain, 3) Tahap Pengembangan, 4) Tahap Implementasi, dan 5) Tahap Evaluasi.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah media pembelajaran teka-teki silang dinyatakan valid  setelah dilakukan validasi oleh ahli media dan ahli materi dengan skor perolehan 87,33% sehingga tergolong dalam kriteria sangat valid yang berarti media dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Dari hasil angket kepraktisan pada uji coba luas diperoleh skor 86% yang berarti media pembelajaran teka-teki silang yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kepraktisan. Untuk mengetahui tingkat keefektifan media dapat dilihat dari hasil nilai evaluasi siswa setelah menggunakan media pembelajaran teka-teki silang  sebanyak 85% siswa memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Produk dinyatakan efektif jika ≥ 70% siswa memperoleh nilai tes (E) ≥ 75 (KKM). Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran teka-teki silang efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Selain itu, hasil angket respon siswa secara keseluruhan menunjukkan respon positif terhadap media pembelajaran teka-teki silang.

 

 

KATA KUNCI  : media pembelajaran teka-teki silang, materi struktur bunga dan fungsinya.


Keyword

a

Reference

Agustina, I Gusti Ayu Tri. 2014. Konsep Dasar IPA, Aspek Biologi. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

 

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Posdakarya.

 

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

 

Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

 

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

 

Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

 

Hidayat, Estiti B. 1995. Anatomi Tumbuhan Berbiji. Bandung: Penerbit ITB.

Prihastuti, Alfiani. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Berbasis Teka-Teki Silang (TTS) Siswa Kelas III SD Muhammadiyah Kemadang. Jurnal PGSD Indonesia. Volume 3 Nomor 2. Tahun  2017.

 

Rakhma, Ifa Seftia, dkk. 2016. Pengembangan Magic Crossword Puzzle Sebagai Media Pembelajaran IPA Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Refleksi Edukatika 7. Tahun 2016.

 

Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

 

Sugiyono. 2013. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi. Bandung: Penerbit Alfabeta.

 

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

 

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

 

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

 

Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI