PENGARUH MODEL WORD SQUARE DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SUMBER-SUMBER ENERGI PADA SISWA KELAS II SDN SUKORAME KABUPATEN TRENGGALEK


Author (Penulis)

RISA ROBI'UL JANAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0043

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa proses pembelajaran pada materi sumber-sumber energi di SDN Sukorame masih didominasi oleh guru. Guru hanya menggunakan metode ceramah saja sehingga pembelajaran kurang menarik dan menyenangkan sehingga membuat siswa mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran sehingga mengakibatkan nilai rata-rata ulangan harian masih di bawah Kreteria Ketuntasan Minimal. Salah satu model pembelajaran yang dapat merangsang siswa untuk berfikir efektif serta melatih siswa bersikap teliti dan kritis adalah model word square didukung media gambar. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian Quasi Eksperimental Design. Teknik pengumpulan data berupa tes.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kemampuan mengidentifikasi sumber-sumber energi dengan menggunakan model word square didukung media gambar pada siswa kelas II SDN Sukorame Kabupaten Trenggalek mempunyai ketuntasan klasikal lebih dari 70% di atas KKM 75, dengan hasil uji-t dengan one sample test memperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,00 < 0,005 (2) Kemampuan mengidentifikasi sumber-sumber energi dengan menggunakan model direct instruction didukung media gambar pada siswa kelas II SDN Sukorame Kabupaten Trenggalek mempunyai ketuntasan klasikal kurang dari 70 % dibawah KKM 75, dengan hasil uji-t dengan menggunakan one sample test memperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,001 < 0,005 (3) Ada pengaruh model word square didukung media gambar terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber-sumber energi pada siswa kelas II SDN Sukorame Kabupaten Trenggalek, dengan hasil analisis uji-t independen sampel yaitu didapat sig(2-tailed) 0,000<0,005. Jadi dapat disimpulkan bahwa model word square didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi sumber-sumber energi pada siswa kelas II SDN Sukorame Kabupaten Trenggalek.

 

Kata Kunci : model word square, media gambar,  mengidentifikasi sumber-sumber energi.

 

 

 

 

 


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Hamdani.2011.Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia

Hermiatun.2015.Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Materi Sumber Energi dan Kegunaannya Melalui Metode Kooperatif Pada Siswa Kelas II SDN 2 Baruharjo Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek. Jurnal Pendidikan Profesional,(Online),4(3),tersdia:http://wwww.jurnalpendidikanprofesional.com. diunduh 20 Juni 2017

Kurniasih, I. dan Berlin, S.2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru.Kata Pena

Primasatya, N.2016. Analisis Kemampuan Berfikir Matematis Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika:50-57

Sugiyono.2015.Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI