ABSTRAK
Lenny Dessy Wijayanti: Pengaruh Model Picture And Picture Didukung Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Menjelaskan Makna Simbol Dengan Sila-Sila Pancasila Sebagai Satu Kesatuan Dalam Kehidupan Sehari-Hari Pembelajaran Dua Subtema Satu Tema Lima Siswa Kelas IV SDN 3 Batangsaren Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019, Skripsi, FKIP UN PGRI Kediri, 2019. Kata kunci : Picture and picture, multimedia interaktif. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan bahwa, proses pembelajaran PKn pada materi menjelaskan makna simbol dengan sila-sila pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari kurang menarik bagi siswa kelas IV SDN 3 Batangsaren, karena guru hanya menggunakan metode ceramah dan buku teks. Permasalahan penelitian ini adalah : (1) Bagaimana kemampuan menjelaskan makna simbol dengan sila-sila pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan seharihari pembelajaran dua subtema satu tema lima sebelum menerapkan model picture and picture didukung multimedia interaktif pada siswa kelas IV SDN 3 Batangsaren Tulungagung tahun ajaran 2018/2019? (2) Bagaimana kemampuan menjelaskan makna simbol dengan sila-sila pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari pembelajaran dua subtema satu tema lima sesudah menerapkan model picture and picture didukung multimedia interaktif pada siswa kelas IV SDN 3 Batangsaren Tulungagung tahun ajaran 2018/2019? (3) Adakah pengaruh model picture and picture didukung multimedia interaktif terhadap kemampuan menjelaskan makna simbol dengan sila-sila pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari pembelajaran dua subtema satu tema lima pada siswa kelas IV SDN 3 Batangsaren Tulungagung tahun ajaran 2018/2019? Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen dengan jenis penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Instrument penelitian berupa tes dengan bentuk instrument soal pilihan ganda dan unjuk kerja. Teknik analisis data yang digunakan berupa teknik t test dan uji t yang pengolahan datanya diolah dengan progam SPSS versi 21 for windows. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kemampuan menjelaskan makna simbol dengan sila-sila pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari pembelajaran dua subtema satu tema lima sebelum menerapkan model picture and picture didukung multimedia interaktif pada siswa kelas IV SDN 3 Batangsaren belum maksimal. (2) Kemampuan menjelaskan makna simbol dengan sila-sila pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari pembelajaran dua subtema satu tema lima sebelum menerapkan model picture and picture didukung multimedia interaktif pada siswa kelas IV SDN 3 Batangsaren tergolong tinggi. (3) Ada pengaruh yang signifikan model picture and picture didukung multimedia interaktif terhadap kemampuan menjelaskan makna simbol dengan sila-sila pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari pembelajaran dua subtema satu tema lima pada siswa kelas IV SDN 3 Batangsaren Tulungagung tahun ajaran 2018/2019.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Huda, Miftahul. 2015. Modelmodel Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Musfiqon. 2015. Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta : Prestasi Pustaka Karya.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantiatif dan R&D). Bandung: CV Alfabeta. Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.