Pengembangan Media Papan Sirkuit Matematika pada Pembelajaran Materi Bangun Datar Menurut Sifatnya Siswa Kelas III SDN Gayam 3 Kota Kediri Tahun Ajaran 2017/2018


Author (Penulis)

MAMLU'ATUL USWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0036

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan pembelajaran Matematika materi macam-macam bangun datar menurut sifatnya yang menunjukkan bahwa pada kegiatan pembelajaran tersebut guru tidak menggunakan media sebagai alat bantu untuk menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian ini adalah (1) Mengetahui kevalidan media papan sirkuit matematika terhadap pembelajaran materi mengidentifikasi berbagai bangun datar menurut sifatnya siswa kelas III SDN Gayam 3 Kota Kediri tahun ajaran 2017/2018. (2) Mengetahui keefektifan media papan sirkuit matematika pada materi berbagai bangun datar menurut sifatnya siswa kelas III SDN Gayam 3 Kota Kediri tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development untuk menghasilkan produk media pembelajaran berupa media papan sirkuit matematika. Desain yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran ini mengacu pada model desain ADDIE. Tahap pengembangannya melalui lima fase, yaitu (A)nalysis, (D)esign, (D)evelopment, (I) mplementation, dan (E)valuation. Hasil penelitian ini adalah (1) Proses pengembangan media, diperoleh sebuah desain media pembelajaran berupa media papan sirkuit matematika kelas III semester 2. Dari hasil validasi media pembelajaran ini menunjukkan kevalidan yang terbukti dengan persentase rata-rata dari validasi ahli media pembelajaran dan ahli materi 83,5% yang menyatakan cukup valid atau dapat digunakan namun perlu revisi kecil; (2) Hasil untuk mengetahui efektifitas media menggunakan analisis data melalui Uji T menghasilkan nilai probabilitas atau Sig. (2-tailed) pada uji coba terbatas maupun uji coba luas < 0,05 yaitu uji coba terbatas menunjukkan Sig. (2-tailed) sebesar 0,014 lebih kecil dari 0,05 dan uji coba luas menunjukkan Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan ketika sebelum menggunakan media dan setelah menggunakan media, maka dapat diindikasikan bahwa media papan sirkuit matematika dapat dikatakan media yang efektif.

 

 

KATA KUNCI  : Pengembangan, Materi Bangun Datar, Media Papan Sirkuit Matematika, Validitas Media.


Keyword

a

Reference

Akbar, Sa’dun.2013.Instrumen Perangkat Pembelajaran.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pribadi, Benny A. 2011. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Sugiono.2016.Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: CV Alfabet.

Susanto, Ahmad.2013.Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta:Prenadamedia

Yusuf, Yasin dan Umi Auliya.2011.Sirkuit Pintar Melejitkan Kemampuan Matematika & Bahasa Inggris dengan Metode Ular Tangga.Jakarta:Visimedia.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI