PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI UNTUK MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA PADA SISWA KELAS V SDN SUGIHWARAS 2 KABUPATEN NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

PUTRI KUSUMA NINGRUM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0035

Abstract

ABSTRAK

 

Putri Kusuma Ningrum : Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Untuk Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia Pada Siswa Kelas V SDN Sugihwaras 2 Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 3017/2018.

         Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil pengamatan penggunaan media di Sekolah Dasar. Hasil pengamatan yang dilakukan dapat diketahui bahwa di SD masih terkesan monoton dan membosankan, karena guru hanya menggunakan metode ceramah dan hanya mengandalkan LKS dalam proses pembelajaran tanpa didukung media yang bervariasi untuk menarik perhatian siswa. Sehingga pembelajaran yang terjadi siswa cenderung pasif dan materi tidak tersampaikan dengan maksimal.

         Permasalahan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) bagaimana tahapan pengembangan media monopoli untuk materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia pada siswa kelas V SDN Sugihwaras 2 Kabupaten Nganjuk? (2) apakah produk pengembangan media pembelajaran monopoli sudah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dalam materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia pada siswa kelas V SDN Sugihwaras 2 Kabupaten Nganjuk?.

         Penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini melibatkan siswa kelas V SDN Sugihwaras 2 Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan instrument angket validasi ahli media, validasi ahli materi IPS, validasi perangkat pembelajaran, angket respon guru, angket respon siswa, soal pre-test dan post-test.

         Kesimpulan hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) pengembangan media monopoli untuk materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia dilakukan melalui 5 tahap berdasarkan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. (2) produk pengembangan media monopoli dinyatakan valid, praktis dan efektif. Hal ini dapat diketahui dari hasil analisis validasi ahli, kualitas media yang dikembangkan adalah sangat valid dengan persentase skor 94% dari segi uji vlidasi materi dan 96% dari segi uji validasi media. Kepraktisan media monopoli yang dikembangkan diperoleh dari hasil nilai angket respon guru dan respon siswa pada uji coba luas di SDN Sugihwaras 2. Respon guru terhadap pengembangan media diperoleh skor 98% dan respon siswa terhadap pengembangan media diperoleh skor 96,67%. Keefektifan media monopoli yang dikembangkan diperoleh dari penilaian hasil belajar siswa yaitu pre-test dan post-test. Melalui evaluasi uji coba secara luas pada materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa yang sebelumnya diperoleh rat-rata 77,34 meningkat menjadi 88,75. Berdasarkan data nilai post-test yang diperoleh persentase ketuntasan belajar secara klasikal adalah 93,75%.

 

Kata Kunci : Media Pembelajaran Monopoli, Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

 

Akbar, Sa’dun. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media.

Pribadi, A. Benny. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Dian Rakyat.

Riduwan. 2013. Dasar-dasar Statistika. Bandung : Alfabeta.

Sardjiyo, Didih Sugandi, Ischak. 2008. Pendidikan IPS di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Sadiman, Arief S., dkk. 2012. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Pemerintah Provinsi Jawa Timur : Biro Mental Spiritual.

Wahab, Abdul Aziz, dkk. 2007. Konsep Dasar IPS. Jakarta : Universitas Terbuka.

Wiyodoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Belajar.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI