PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK MENENTUKAN JARING-JARING BALOK DAN KUBUS PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR


Author (Penulis)

AGUSTINA TRI WAHYUNI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0033

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran materi menentukan jaring-jaring balok dan kubus yang diajarkan di SDN Gampeng III kelas IV masih menggunakan media gambar yang ada di buku.Hasilnya, siswa bosan dan tidak memperhatikan pembelajaran dengan baik.Selain itu, ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran cenderung pasif karena guru hanya menggunakan media gambar yang ada di buku dan berukuran kecil. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan prosedur pengembangan media pembelajaran multimedia berbasis macromedia flash 8 untuk menentukan jaring-jaring balok dan kubus pada siswa kelas IV Sekolah Dasar, (2) mendeskripsikan kevalidan media pembelajaran multimedia berbasis macromedia flash 8 untuk menentukan jaring-jaring balok dan kubus pada siswa kelas IV Sekolah Dasar, (3) mendeskripsikan respon siswa untuk materi menentukan jaring-jaring balok dan kubus dengan menggunakan multimedia berbasismacromedia flash 8 pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang dilakukan melalui 5 tahapan yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) desain, (3) pengembangan, penelitian ini hanya dilakukan pada tahap Development dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya. Desain ujicoba yang digunakan adalah ujicoba terbatas dan ujicoba luas.Data hasil uji validasi media dan uji validasi materi dianalisis menggunakan teknik deskriptif presentase. Hasil pengembangan ini menghasilkan produk berupa multimedia berbasis macromedia flash 8. Hasil penelitian ini adalah (1) hasil pengembangan multimedia berbasis macromedia flash 8 didesain dengan kombinasi dari media yang menggunakan audio, video, grafis, bersifat interaktif, dan dengan animasi dan warna yang menarik, (2) multimedia berbasis macromedia flash 8 layak digunakan, hal ini terbukti dengan hasil validasi media 94% dan materi 97% yang termasuk dalam kriteria sangat valid, (3) respon siswa pada saat pembelajaran serta dari hasil ujicoba diperoleh hasil 88% dengan kriteria sangat baik.

 

KATA KUNCI  :pengembangan, multimedia berbasis macromedia flash 8, jaring-jaring balok dan kubus.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. 2014 Prosedur Penelitian, suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

 

Arsyad, A. 2007.Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

 

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

 

Khairani, M dan Dian, F. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran dalam Bentuk Macromedia Flash Materi Tabung Untuk SMP Kelas IX.Jurnal IPTEKS Terapan, (Online), 10 (2): 95-102. Diunduh 8 November 2017.

 

Munir. 2012. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

 

Sugiono.2015. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Bandung: Alfabeta.

 

Wati, E R. Ragam Media Pembelajaran Visual - Audio Visual – Komputer -Power Point – Interaktif - Interaktif Video. Yogyakarta: Kata Pena.


PUBLISHED

2018-08-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI