Pengembangan Desain Pembelajaran Menggunakan Media Kusirama untuk Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Simbiosis dan Rantai Makanan pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bakung 1 7 Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2018/2019


Author (Penulis)

NAPIK SAHID WIBOWO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0031

Abstract

ABSTRAK

 

 

          Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan proses pembelajaran di kelas IV SD Negeri Bakung 1 Kabupaten Blitar khususnya materi mengidentifikasi simbiosis dan rantai makanan, siswa yang terlihat bosan, ramai, tidak memperhatikan guru saat pembelajaran dan guru tidak menggunakan media saat mengajar pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam. Akibatnya, suasana kelas menjadi membosankan dan pasif. Hal ini mempengaruhi hasil belajar siswa kurang baik.

          Permasalahan penelitian ini adalah (1) Apakah pengembangan desain pembelajaran dengan menggunakan media kusirama berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi simbiosis dan rantai makanan pada siswa kelas IV SD Negeri Bakung 1 Kabupaten Blitar?

          Pendekatan ini menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik penelitian menggunakan eksperimen dengan desain penelitian One Groups pretest-posttest dengan subjek penelitian kelas O1 pretest sebelum penelitian O2 posttest sesudah penelitian sebanyak 20 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test.

          Bedasarkan Hasil analisis data dapat disumpulkan bahwa: Penggunaan pengembangan desain pembelajara menggunakan media kusirama berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi simbiosis dan rantai makanan pada siswa kelas IV SD Negeri Bakung 1 Kabupaten Blitar Terbukti th = 8,994 > tt 1% 2,539.

 

 

 

 

Kata Kunci: Pengembangan Desain Pembelajaran Menggunakan Media Kusirama.


Keyword

Media Kusirama

Reference

Good, Cater V. 1997. Proses Perkembang Kecakapan. Prestasi Pustakarya : Rineka Cipta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran Disekolah Dasar Jakarta : Prenada Media Groub.

Daryanto. 2016. Karakteristik Meedia 3D. Jakarta : Kata Pena.

Sudjana, Nana. 2010 Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Praktik Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendi-didiikan. ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung : Alfabeta,cv.

Undang-Undang. Depdiknas No. 27 Tahun   2003. tentang Sistem Pendidikan –Nasional Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (onln). http//ww.jdih.bpk.go.id (diunduh 12 Juni 2017).


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade