PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TTW (THINK TALK WRITE) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA BERDASARKAN GAMBAR SERI SISWA KELAS III SDN KALIBELO GAMPENGREJO KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

IRMA YUNIKA WIDYARTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0029

Abstract

ABSTRAK

 

Irma Yunika Widyarti: Pengaruh Model Pembelajaran TTW (Think Talk Write) terhadap kemampuan menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri siswa kelas III SDN Kalibelo Gampengrejo Kediri, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2018

 

        Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia di SD masih didominasi oleh aktivitas guru. Akibatnya suasana kelas pasif dan monoton. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan menulis karangan sederhana berdasarkan Gambar Seri Siswa Kelas 3 SDN Kalibelo Tahun Ajaran 2017/2018 menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW)? (2) Bagaimana kemampuan menulis karangan sederhana berdasarkan Gambar Seri  Siswa Kelas 3 SDN Kalibelo Tahun Ajaran 2017/2018 menggunakan Model Pembelajaran Example Non Example? (3) Adakah pengaruh yang signifikan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Menulis Karangan Sederhana berdasarkan Gambar Seri Siswa Kelas 3 SDN Kalibelo Tahun Ajaran 2017/2018?. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas III SDN Kalibelo. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RPP, soal pre tes dan postest,  dan soal evaluasi hasil belajara siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut (1) Hasil penelitian menggunakan keterampilan menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan model pembelajaran TTW(Think Talk Write) telah tuntas mencapai nilai diatas KKM yaitu 76 (2) Hasil penelitian menggunakan keterampilan menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan model pembelajaran Example Non Example telah tuntas mencapai nilai diatas KKM yaitu 77 (3) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran TTW(Think Talk Write) terahadap kemampuan menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri dapat dibuktikan dari hasil analisis yang menunjukkan signifikasi < dari 0,05 dengan taraf 5%, dengan angka sig(2-tailed) sebesar 0,000/0,000.

 

KATA KUNCI  : Model Pembelajaran TTW (Think Talk Write)

 


Keyword

a

Reference

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Alfabeta

Undang Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) bab 1 pasal 1 (Online). Tersedia: https://luk.staff.ugm.ac.id.UU20-2003Sisdiknas (22 Februari 2018)


PUBLISHED

2018-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI