ABSTRAK
Irma Yunika Widyarti: Pengaruh Model Pembelajaran TTW (Think Talk Write) terhadap kemampuan menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri siswa kelas III SDN Kalibelo Gampengrejo Kediri, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2018
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia di SD masih didominasi oleh aktivitas guru. Akibatnya suasana kelas pasif dan monoton. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kemampuan menulis karangan sederhana berdasarkan Gambar Seri Siswa Kelas 3 SDN Kalibelo Tahun Ajaran 2017/2018 menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW)? (2) Bagaimana kemampuan menulis karangan sederhana berdasarkan Gambar Seri Siswa Kelas 3 SDN Kalibelo Tahun Ajaran 2017/2018 menggunakan Model Pembelajaran Example Non Example? (3) Adakah pengaruh yang signifikan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap Kemampuan Menulis Karangan Sederhana berdasarkan Gambar Seri Siswa Kelas 3 SDN Kalibelo Tahun Ajaran 2017/2018?. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas III SDN Kalibelo. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RPP, soal pre tes dan postest, dan soal evaluasi hasil belajara siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut (1) Hasil penelitian menggunakan keterampilan menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan model pembelajaran TTW(Think Talk Write) telah tuntas mencapai nilai diatas KKM yaitu 76 (2) Hasil penelitian menggunakan keterampilan menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan model pembelajaran Example Non Example telah tuntas mencapai nilai diatas KKM yaitu 77 (3) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran TTW(Think Talk Write) terahadap kemampuan menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri dapat dibuktikan dari hasil analisis yang menunjukkan signifikasi < dari 0,05 dengan taraf 5%, dengan angka sig(2-tailed) sebesar 0,000/0,000.
KATA KUNCI : Model Pembelajaran TTW (Think Talk Write)
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Alfabeta
Undang Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS) bab 1 pasal 1 (Online). Tersedia: https://luk.staff.ugm.ac.id.UU20-2003Sisdiknas (22 Februari 2018)