PENGEMBANGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG DAUN UNTUK MATERI STRUKTUR DAUN TUMBUHAN DENGAN FUNGSINYA PADA SISWA KELAS IV SDN WONOKERTO KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

ROHMA AGUSTINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0027

Abstract

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi bahwa pembelajaran IPA materi Struktur Daun Tumbuhan dengan Fungsinya di SD masih banyak yang dilaksanakan secara konvensional, yaitu anya berpusat pada guru (teacher centered). Tanpa menggunakan media pembelajaran. Dari permasalahan di atas dapat diadakan perbaikan dengan dengan mengembangkan suatu media. Yaitu media pembelajaran teka-teki silang daun. Penelitian pengembangan media pembelajaran media teka-teki silang daun ini bertujuan untuk mengetahui (1) kevalidan media teka-teki silang daun. (2) kepraktisan media teka-teki silang daun. (3) keefektivan media teka-teki silang daun. Penelitian ini menggunakan R&D (Reaserch and Development), yaitu penelitian dan pengemabangan menggnakan model ADDIE dengan langkah-langkah meliputi, (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, (5) evaluasi. Dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantatitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) proses pengembangan media mengasilakan produk media teka-teki silang daun materi struktur daun dengan fungsinya kelas IV SD. Dari hasil menunjukkan kevalidan yang terbukti dengan presentase ahli materi 80% yang menunjukkan valid atau dapat digunakan dengan revisi kecil. Kemudian revisi menghasilakan skor 83,3% yang berarti sangat valid. Presentase ahli media 78% yang berati valid atau dapat digunakan dengan revisi kecil. Kemudian revisi menghasilakan draft 2 dengan skor 82%. Rata-rata kevalidan skor media dan materi yaitu 82,65%, yang menunjukkan sangat valid. (2) media teka-teki silang daun menunjukkan kepraktisan yang terbukti dengan hasil angket kepraktisan yang diberikan guru mendapatkan skor 78% yang menunjukkan valid. (3) media teka-teki silang daun menunjukkan  keefektivan yang terbukti dengan memperoleh nilai posttest sebanyak 87,5% siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Denagn demikian produk teka-teki silan daun dinyatakan valid,praktis dan efektif


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Agustiana, I. G. T. 2014. Konsep   Dasar  IPA Aspek Biologi. Yogyakarta: Ombak

Akbar, S. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Daryanto. 2016. Media   Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Gembong, T. 2007. Morfologi Tumbuhan. Gadjah Mada University Press

Samatowa, U. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekola Dasar. Jakarta: Kencana.


PUBLISHED

2018-08-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI