STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PENYESUAIAN DIRI HEWAN DENGAN LINGKUNGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT DAN MODEL ARTIKULASI PADA SISWA KELAS V SD ISLAM TERPADU AL ISTIQOMAH KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

EVA YULIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0026

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran di SDIT Al Istiqomah masih menggunakan pembelajaran konvensional, interaksi antara guru dengan siswa maupun siswa dengan siswa masih kurang, siswa kurang terlibat dalam pembelajaran dan pada akhirnya hasil belajar siswa menjadi rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subyek penelitian kelas V SD Islam Terpadu Al Istiqomah tahun ajaran 2017/2018. Dilaksanakan dengan dua kali pertemuan menggunakan instrument berupa soal essay. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan menggunakan model cooperatve script pada siswa kelas V SDIT Al Istiqomah tahun ajaran 2017/2018 tuntas mencapai nilai KKM dengan prosentase ketercapaian 81,5%. (2) kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan menggunakan model artikulasi pada siswa kelas V SDIT Al Istiqomah tahun ajaran 2017/2018 tuntas mencapai nilai KKM dengan prosentase ketercapaian 77,8%. (3) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan menggunakan model cooperatve script dan model artikulasi pada siswa kelas V SDIT Al Istiqomah tahun ajaran 2017/2018. Dibuktikan dari nilai signifikansi pada uji-t dua kelompok menggunakan SPSS yaitu sebesar 0,024.


Keyword

a

Reference

Agustina, I Gusti Ayu Tri. 2014. Konsep Dasar IPA Aspek Biologi. Yogyakarta: Ombak.

 

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.     Jakarta: Rineka Cipta.

 

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

 

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

 

Musfiqon. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

 

Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja  Pressindo.

 

Rusman. 2012. Model-Model Pengembangan Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

 

Slameto.2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:   Rineka Cipta.

 

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Rus Media.

 

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R and D. Bandung: Alfabeta.

 

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yokyakarta: Pustaka Belajar.

 


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI