PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR-CHECK DIDUKUNG MEDIA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN MENGHITUNG KELILING PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG PADA SISWA KELAS III SDN LIRBOYO 4 KEDIRI


Author (Penulis)

IKA AMEYLIA BUDIARTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0023

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan awal bahwa pembelajaran matematika di SD masih didominasi oleh pembelajaran berpusat pada guru. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan belajar menghitung keliling persegi dan persegi panjang menjadi siswa kurang aktif. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah adalah dengan model pembelajaran yang tepat yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Pair-Check didukung media konkret.     

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menghitung keliling persegi dan persegi panjang menggunakan model Direct Intruction, menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Pair-Check didukung media konkret, dan ada atau tidaknya perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Pair-Check didukung media konkret disbanding model Direct Intruction pada siswa kelas III SDN Lirboyo Kediri.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan teknik penelitian eksperimen dengan Pretest-Posstest Control Design. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Lirboyo 4 sebagai kelompok eksperimen dan kelas III SDN Lirboyo 2 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes, yang terdiri atas soal pilihan ganda 20 soal. Analisis data menggunakan rumus uji-t.

Hasil penelitian ini adalah (1) Penggunaan model Direct Instruction berpengaruh signifikan dengan ketuntasan klasikal 10,40% hal ini terbukti dengan th2,914 > tt1% = 2,492. (2) Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Pair-Check didukung media konkret berpengaruh signifikan dengan ketuntasan klasikal 86,25% hal ini terbukti dengan th25,500 > tt1% = 2,473. (3) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Pair-Check didukung media konkret dibanding model Direct Intruction dengan keunggulan pada penggunaan model kooperatif tipe Pair-Check didukung media konkret, hal ini terbukti dengan hasil perbandingan rerata postest eksperimen 84,46 > rerata postest kontrol 64,80.

Simpulan penelitian ini yaitu terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Pair-Check didukung media konkret dibanding model pembelajaran Direct Intruction terhadap  kemampuan menghitung keliling persegi dan persegi panjang pada siswa kelas III SDN Lirboyo kota Kediri, dengan keunggulan pada model pembelajaran kooperatif tipe Pair-Check didukung media konkret.

 

 

KATA KUNCI  : Pair-Check, media konkret, menghitung keliling persegi dan persegi panjang

 

 


Keyword

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR-CHECK, MEDIA KONKRET, MENGHITUNG LUAS PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG

Reference

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model  Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Bandung: Citra Umbara.


PUBLISHED

2019-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade