PENGARUH METODE DEMONSTRASI DIDUKUNG MEDIA BENDA ASLI TERHADAP KEMAMPUAN MENJELASKAN HUBUNGAN ANTARA STRUKTUR DAUN TUMBUHAN DENGAN FUNGSINYA SISWA KELAS IV SDN BULU 1 KECAMATAN SEMEN KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

ANES ZULIANTI PUTRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0022

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi pada siswa kelas IV SDN Bulu 1 Kecamatan Semen Kabupaten Kediri, bahwa pembelajaran pada mata pelajaran IPA tentang kemampuan menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya, guru masih menggunakan metode konvensional seperti ceramah dan tanpa memanfaatkan media pembelajaran yang ada. Pembelajaran jadi kurang menyenangkan, monoton, dan membosankan. Siswa menjadi malas dan kurang aktif dalam pembelajaran, sehingga hasil pembelajaran menjadi kurang maksimal.

Permasalahan pada penelitian ini adalah : (1) Apakah sebelum diterapkan metode demonstrasi didukung media benda asli, kemampuan menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya berhasil mencapai KKM?, (2) Apakah sesudah diterapkan metode demonstrasi didukung media benda asli, kemampuan menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya berhasil mencapai KKM?, (3) Adakah pengaruh penggunaan metode demonstrasi didukung media benda asli terhadap kemampuan menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya berhasil mencapai KKM?

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian one group pretest-posttest, pendekatan ini menggunakan pendekatan kuantitatif, analisis data yang digunakan adalah spss 16 for windows menggunakan uji t.

Hasil temuan peneliti dapat disimpulkan : (1) Kemampuan menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya pada siswa kelas IV SDN Bulu 1 Kecamatan Semen Kabupaten Kediri sebelum diterapkan metode demonstrasi didukung media benda asli belum berhasil mencapai KKM, hal ini terbukti pada nilai rerata (mean) sebesar 65, yang berarti di bawah KKM 75, dan ketuntasan klasikal mencapai 23% yang berarti di bawah 75%, (2) Kemampuan menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya pada siswa kelas IV SDN Bulu 1 Kecamatan Semen Kabupaten Kediri sesudah diterapkan metode demonstrasi didukung media benda asli berhasil mencapai KKM, hal ini terbukti pada nilai rerata (mean) sebesar 87,15 yang berarti di atas KKM 75, dan ketuntasan klasikal mencapai 96,5% yang berarti di atas 75%, (3) Penggunaan metode demonstrasi didukung media benda asli berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya pada siswa kelas IV SDN Bulu 1 Kecamatan Semen Kabupaten Kediri, hal ini terbukti bahwa thitung 5,771 sedang harga kritik ttabel 1% yaitu 2,704 dan ttabel 5% yaitu 2,021. Sehingga thitung 5,771 > ttabel 1% yaitu 2,704  yang berarti H0 ditolak dengan sangat signifikan.

 

Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Media Benda Asli, Menjelaskan, Struktur Daun Tumbuhan Dengan Fungsinya


Keyword

a

Reference

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi  Pem-belajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Pre-nada Media Group.

 

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2011. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

 

Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

 

Depdiknas. Undang-Undang Nomor20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.

 


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI