PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGGOLONGKAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA PADA SISWA KELAS IV SDIT AL ISTIQOMAH KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

DANI DARMAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0020

Abstract

ABSTRAK

 

DANI DARMAWAN: Pengaruh model pembelajaran scramble didukung media gambar terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDIT Al Istiqomah kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2017/2018

 

 

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan, bahwa siswa kelas IV di Sekolah Dasar pada umumnya mengalami kesulitan belajar dan hasil belajar siswa pada materi menggolongkan hewan berdasarkan jenis makannya masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang selama ini dilaksanakan hanya berpusat pada guru, guru mendominasi pembelajaran di kelas sehingga siswa menjadi pasif serta proses kegiatan pembelajaran menjadi membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scremble didukung media gambar terhadap kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDIT Al Istiqomah kabupaten Nganjuk. Parameter yang diamati adalah kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya yang diukur dengan rubrik penilaian yang telah divalidasi. Kemampuan menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya yang diajar menggunakan model scremble didukung media gambar siswa mendapat nilai rata-rata sebesar 80.30 lebih tinggi dari pada siswa yang diajar menggunakan model direct instruction didukung media gambar yaitu dengan nilai rata-rata siswa sebesar 72,50.

 

Kata Kunci: Model pembelajaran Scramble, media gambar, hasil belajar IPA menggolongkan hewan berdasarkan jenis makannya.


Keyword

a

Reference

Djamah, Syaiful Bahri., Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

 

Fauziddin, Alfi Laila. 2011. Pengantar Pendidikan. Kediri.

 

Kamila, Nurlita. 2015. Keefektifan Model Scramble Dalam Pembelajaran Materi Uang Pada Siswa Kelas III SD Negeri 02 Mojo Kebupaten Pemalang. Skripsi. Semarang: FKIP Unnes.

 

Kodir, Abdul. 2010. Model Pembelajaran. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

 

Kurniasih, Imas., Berlin Sani. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.


PUBLISHED

2018-08-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI