PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DIDUKUNG MEDIA VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI PERISTIWA ALAM DAN DAMPAKNYA PADA SISWA KELAS V MI MIFTAHUL MUNA KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN NGANJUK


Author (Penulis)

CHRISTIN DAMAYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0019

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi dari hasil observasi yang dilakukan di MI Miftahul Muna bahwa hasil belajar siswa kelas V masih sangat rendah, dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang berfokus pada guru dan tidak menggunakan media pembelajaran. Hal itu dibuktikan dari jumlah keseluruhan siswa kelas V yaitu 22 siswa yang mendapat nilai diatas KKM dibawah 50%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Team Assisted Individualization didukung media video terhadap kemampuan mengidentifikasi peristiwa alam dan dampaknya pada siswa kelas V Mi Miftahul Muna Kec. Prambon Kab. Nganjuk.

Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti mengajukan 3 rumusan masalah sebagai berikut (1) apakah model pembelajaran Team Assisted Individualization didukung media video berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi peristiwa alam dan dampaknya pada siswa kelas V-B MI Miftahul Muna Kec. Prambon Kab. Nganjuk?. (2) Apakah model Direct Instruction didukung media video berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi peristiwa alam dan dampaknya pada siswa kela V-A MI Miftahul Muna Kec. Prambon Kab. Nganjuk?. (3) Adakah perbedaan pengaruh antara model Team Assisted Individualization didukung media video dibanding model Direct Instruction didukung media video terhadap kemampuan mengidentifikasi peristiwa alam dan dampaknya pada siswa kelas V MI Miftahul Muna Kec. Prambon Kab. Nganjuk?.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas V MI Miftahul Muna Kec. Prambon Kab. Nganjuk 2017/2018, dengan teknik penelitian Nonrandomized Control group Pretest-posttest Design. Teknik penelitian pengumpulan data berupa tes. Analisis data yang digunakan adalah rumus uji-t.

Simpulan hasil penelitian ini adalah. (1) Penggunaan model Team Assited Individualization didukung media video berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi peristiwa alam dan dampaknya pada siswa kelas V-B MI Miftahul Muna Kec. Prambon Kab. Nganjuk, dengan ketuntasan klasikal 79,55%. Hal ini terbukti dengan tingginya harga thitung (17,954)> ttabel 1% (2,831). (2) Penggunaan model Direct Instruction didukung media video berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi peristiwa alam dan dampaknya pada siswa kelas V-A MI Miftahul Muna Kec. Prambon Kab. Nganjuk, dengan ketuntasan klasikal 69,32%, hal ini terbukti dengan tingginya harga thitung (3,574) > ttabel 1% (2,831). (3) Ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan menggunakan model Team Assisted Individualization didukung media video dengan Model Direct Instruction didukung media vide terhaadap kemampuan mengidentifikasi peristiwa alam dan dampaknya pada siswa kelas V MI Miiftahul Muna Kec. Prambon Kab.Nganjuk dengan keunggulan pada model Team Assisted Individualization didukung media video. Hal ini terbukti dengan tingginya harga thitung (3,105) > ttabel 1% (2,698) dengan perbandingan x  posttest kelompok eksperimen yaitu 84,91 > x  kelompok kontrol yaitu 73,45.


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadi, Sutrisno. 2004. Statistik Jilid-1. Yogyakarta: Andi.

Sukardi. 2015. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Suyitno, Amin. 2007. Pemilihan Model-Model Pembelajaran dan Penerapannya di Sekolah. Jakarta: Pusdiklat Tenaga Teknis Keagamaan- Depag.


PUBLISHED

2018-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI