Abstrak
Berdasarkan hasil pengamatan dan pengalaman ketika magang, materi penjumlahan dan
pengurangan bilangan bulat merupakan salah satu materi yang sulit bagi siswa Sekolah Dasar (SD)
Kelas IV. Hal itu dikarenakan siswa harus menjumlahkan dan mengurangkan bilangan positif dan
negatif. Tujuan dari penelitian yaitu mengetahui kemampuan penjumlahan dan pengurangan bilangan
bulat dengan menggunakan metode penemuan terbimbing didukung media gambar pada siswa kelas
IV SDN Sumberbendo I Kabupaten Kediri serta menguji pengaruh metode penemuan terbimbing
didukung media gambar terhadap kemampuan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada
siswa kelas IV SDN Sumberbendo I Kabupaten Kediri.
Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah “Quasi Eksperimental Design”
dengan jenisnya “.Pretest-Postest Control Grup Design”. Quasi Eksperimental Design merupakan
teknik penelitian yang tidak mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi kemampuan siswa
sedangkan Pretest-Postest Control Grup Design merupakan teknik penelitian yang menggunakan 2
kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang diberikan pretest sebelum
pembelajaran dan postest setelah pembelajaran. Sebagai kelompok eksperimen yaitu siswa kelas IV
SDN Sumberbendo I sebanyak 21 diberi perlakuan menggunakan metode penemuan terbimbing
didukung media gambar sedangkan kelas kontrol yaitu siswa kelas IV SDN Sumberbendo II sebanyak
22 siswa diberi perlakuan menggunakan metode diskusi didukung media gambar.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) kemampuan penjumlahan dan pengurangan bilangan
bulat menggunakan metode penemuan terbimbing didukung media gambar pada siswa kelas IV SDN
Sumberbendo I Kabupaten Kediri mencapai kriteria ketuntasan minimal 75.(2) kemampuan
penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat menggunakan metode diskusi didukung media gambar
pada siswa kelas IV SDN Sumberbendo II Kabupaten Kediri mencapai kriteria ketuntasan
minimal 75.(3) ada pengaruh metode penemuan terbimbing didukung media gambar terhadap
kemampuan penjumlahan dan pengurangan bulat pada siswa kelas IV SDN Sumberbendo I Kabupaten
Kediri.
Kata kunci : penemuan terbimbing, media gambar, kemampuan penjumlahan dan pengurangan
bilangan bulat
IV. Daftar Pustaka
Herman, Tatang, Karlimah, dan Komariah.
2009. Pendidikan Matematika I.
Bandung:UPI PRESS
Illahi, Mohammad Takdir. 2012.
Pembelajaran Discovery Strategi
& Mental Vocational Skill.
Jogyakarta:Diva press
Prabawanto, Sufyani dan Mujono. 2006.
Model Pembelajaran Matematika.
Bandung:UPI PRESS
Sugiyono.2016. Metode Penelitian
Pendidikan. Bandung:Alfabeta
Primasatya, Nurita. 2016. Analisis
Kemampuan Berfikir Matematis
Calon Guru Sekolah Dasar Dalam
Menyelesaikan Masalah
Matematika. Jurnal Pedidikan
Matematika:50-57