PENGARUH METODE PENEMUAN TERBIMBING DIDUKUNG MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV SDN SUMBERBENDO I KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

DYAH RETNO TITISARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0018

Abstract

Abstrak
Berdasarkan hasil pengamatan dan pengalaman ketika magang, materi penjumlahan dan 
pengurangan bilangan bulat merupakan salah satu materi yang sulit bagi siswa Sekolah Dasar (SD) 
Kelas IV. Hal itu dikarenakan siswa harus menjumlahkan dan mengurangkan bilangan positif dan 
negatif. Tujuan dari penelitian yaitu mengetahui kemampuan penjumlahan dan pengurangan bilangan 
bulat dengan menggunakan metode penemuan terbimbing didukung media gambar pada siswa kelas 
IV SDN Sumberbendo I Kabupaten Kediri serta menguji pengaruh metode penemuan terbimbing 
didukung media gambar terhadap kemampuan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada 
siswa kelas IV SDN Sumberbendo I Kabupaten Kediri.
Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah “Quasi Eksperimental Design” 
dengan jenisnya “.Pretest-Postest Control Grup Design”. Quasi Eksperimental Design merupakan 
teknik penelitian yang tidak mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi kemampuan siswa 
sedangkan Pretest-Postest Control Grup Design merupakan teknik penelitian yang menggunakan 2 
kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang diberikan pretest sebelum 
pembelajaran dan postest setelah pembelajaran. Sebagai kelompok eksperimen yaitu siswa kelas IV 
SDN Sumberbendo I sebanyak 21 diberi perlakuan menggunakan metode penemuan terbimbing 
didukung media gambar sedangkan kelas kontrol yaitu siswa kelas IV SDN Sumberbendo II sebanyak 
22 siswa diberi perlakuan menggunakan metode diskusi didukung media gambar.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) kemampuan penjumlahan dan pengurangan bilangan 
bulat menggunakan metode penemuan terbimbing didukung media gambar pada siswa kelas IV SDN 
Sumberbendo I Kabupaten Kediri mencapai kriteria ketuntasan minimal 75.(2) kemampuan 
penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat menggunakan metode diskusi didukung media gambar 
pada siswa kelas IV SDN Sumberbendo II Kabupaten Kediri mencapai kriteria ketuntasan 
minimal 75.(3) ada pengaruh metode penemuan terbimbing didukung media gambar terhadap 
kemampuan penjumlahan dan pengurangan bulat pada siswa kelas IV SDN Sumberbendo I Kabupaten 
Kediri.
Kata kunci : penemuan terbimbing, media gambar, kemampuan penjumlahan dan pengurangan 
bilangan bulat


Keyword

a

Reference

IV. Daftar Pustaka
Herman, Tatang, Karlimah, dan Komariah. 
2009. Pendidikan Matematika I. 
Bandung:UPI PRESS
Illahi, Mohammad Takdir. 2012. 
Pembelajaran Discovery Strategi 
& Mental Vocational Skill. 
Jogyakarta:Diva press
Prabawanto, Sufyani dan Mujono. 2006. 
Model Pembelajaran Matematika.
Bandung:UPI PRESS
Sugiyono.2016. Metode Penelitian 
Pendidikan. Bandung:Alfabeta
Primasatya, Nurita. 2016. Analisis 
Kemampuan Berfikir Matematis 
Calon Guru Sekolah Dasar Dalam 
Menyelesaikan Masalah 
Matematika. Jurnal Pedidikan 
Matematika:50-57


PUBLISHED

2018-08-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI