PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE RELEVANCE INTEREST ASSESMENT SATISFACTION) DIDUKUNG MEDIA TANGRAM TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI BANGUN DATAR SEDERHANA MENURUT SIFATNYA PADA SISWA KELAS III SDIT AL-ISTIQOMAH KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

NISA' AYU PUTRI PERTIWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0016

Abstract

ABSTRAK
Nisa’ Ayu Putri Pertiwi : Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance Relevance Interest Assesment Satisfaction) Didukung Media Tangram Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Bangun Datar Sederhana Menurut Sifatnya Pada Siswa Kelas III SDIT Al Istiqomah Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2017/2018.
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi yang menyatakan bahwa banyak siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran Matematika, dan 50% siswa masih mendapat nilai di bawah KKM.Faktor yang mempengaruhi hal tersebut antara lain, pembelajaran yang masih berpusat kepada guru dan kurang maksimalnya pemanfaatan media pembelajaran.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengidentifikasi bangun datar sederhana menurut sifatnya dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS didukung media tangram, kemudian untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengidentifikasi bangun datar sederhana menurut sifatnya dengan menggunakan model pembelajaran langsung, dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARIAS didukung media tangram terhadap kemampuan mengidentifikasi bangun datar sederhana menurut sifatnya.
Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen dan pendekatan kuantitatif, dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas III SDIT Al Istiqomah kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2017/2018. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data yaitu berupa instrumen tes. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan sebagai berikut :
1) kemampuan mengidentifikasi bangun datar sederhana menurut sifatnya dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS didukung media tangram pada siswa kelas III SDIT Al Istiqomah Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2017/2018 tergolong tinggi dengan rata – rata posttest sebesar 78,54 dan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 79,17%, sehingga siswa yang tuntas mencapai KKM > 75%; 2) kemampuan mengidentifikasi bangun datar sederhana menurut sifatnya dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada siswa kelas III SDIT Al Istiqomah Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2017/2018 tergolong rendah dengan rata – rata posttest sebesar 71,84 dan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 52,63%, sehingga siswa yang tuntas mencapai KKM < 75%; 3) Ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran ARIAS didukung media tangram terhadap kemampuan mengidentifikasi bangun datar sederhana menurut sifatnya pada siswa kelas III SDIT Al Istiqomah Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2017/2018. Dengan hasil analisis uji-t yaitu sig.2 tailed sebesar 0,037 dan thitung sebesar 2,160. Kriteria pengambilan keputusan yang ditetapkan yaitu, jika probabilitas < 0,05 dan thitung> ttabel maka Ha diterima. Hasil analisis yang diperoleh telah memenuhi kriteria yang ditetapkan, sehingga hipotesis alternatif yang dirumuskan dapat diterima.
KATA KUNCI : Model Pembelajaran ARIAS (Assurance Relevance Interest Assesment Satisfaction), media tangram, kemampuan mengidentifikasi, bangun datar sederhana.


Keyword

a

Reference

Daftar Pustaka
Heruman. 2013. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Laila, Alfi dan Sutrisno Sahari. 2016. Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Dalam Pemanfaatan Barang-Barang Bekas Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1 (2): 5, tersedia: http://efektor.unpkediri.ac.id.
Purwoko, Agung. 2001. Panduan Penelitian PTK. Semarang: Unnes Press.
Rahman, Muhammat dan Sofan Amri. 2014. Model Pembelajaran ARIAS Terintegratif. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Reidesel, Alan. 1980. Teaching Elementary School Mathematics. New Jersey Amerika: Englewood Cliffs.
Sundayana, Rostina. 2013. Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI