Abstrak
Retno Dwi Safitri: Pengembangan Media Pop-Up Materi Mengidentifikasi Sumber Energi dan Kegunaannya Siswa Kelas III SDN 1 Serut Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2018.
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil pengamatan penggunaan media di Sekolah Dasar. Hasil pengamatan yang dilakukan dapat diketahui bahwa belum menerapkan penggunaan media dalam pembelajaran dan hanya mengandalkan buku teks dalam proses pembelajaran. Sehingga pembelajaran yang terjadi kurang optimal dan terkesan monoton karena hanya terpaut pada buku teks dan buku penunjang seperti LKS saja.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan prosedur pengembangan media Pop-Up pada materi mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN 1 Serut Kab. Tulungagung. (2) Menjelaskan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan pengembangan media Pop-Up materi mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya pada siswa kelas III SDN 1 Serut Kab. Tulungagung.
Penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE menurut Pribadi (2009). Tahapan ADDIE meliputi Analysis (analisis), Design (desain), Development (Pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini melibatkan siswa kelas III SDN 1 Serut Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan instrumen angket validasi ahli media, validasi ahli materi IPA, validasi perangkat pembelajaran, angket respon guru, angket respon siswa, soal pre-test dan post-test.
Hasil penelitian ini adalah (1) Pengembangan media Pop-Up materi mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya dilakukan melalui 5 tahap berdasarkan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. (2) Berdasarkan validasi ahli, kualitas media yang dikembangkan adalah sangat valid dengan presentase skor 95,55% dari segi uji validasi materi dan 96% dari segi uji validasi media. Dalam uji keefektifan media meliputi uji coba terbatas dan uji coba secara luas. Respon guru terhadap pengembangan media diperoleh skor 98% dan respon siswa terhadap pengembangan media diperoleh skor 95%. Melalui evaluasi uji coba secara luas pada materi mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya terdapat peningkatan pada hasil belajar siswa yang sebelumnya diperoleh rata-rata 77,96 meningkat menjadi 84,84.
Kata kunci: Media Pop-Up, Mengidentifikasi Sumber Energi dan Kegunaannya
DAFTAR PUSTAKA
Sugiono. 2010. Belajar & Pembelajaran. Kediri: Universitas Nusantara PGRI
Akbar, Sa’dun. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Widoyoko, Eko P. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Dian Rakyat.
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Riduwan, M. 2010. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta