PENGARUH METODE DEMONSTRASI DIDUKUNG MEDIA TORSO KERANGKA MANUSIA TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN MENDESKRIPSIKAN HUBUNGAN ANTARA STRUKTUR KERANGKA TUBUH MANUSIA DENGAN FUNGSINYA PADA SISWA KELAS IV SDN BLIMBING 3 KECAMATAN MOJO KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

HERLIN OKTAVIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0011

Abstract

                                                                                                         ABSTRAK

                Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi di SDN Blimbing 3 kelas IV kecamatan Mojo kabupaten Kediri. Pembelajaran IPA cenderung kurang aktif dan berkembang. Pembelajarannya cenderung hanya mengandalkan buku pegangan dan menggunakan metode ceramah saja tanpa menggunakan media atau alat peraga. Hal ini terkesan membuat siswa menjadi bosan dan mengakibatkan minat dan hasil belajar siswa yang rendah.

                Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) apakah penggunaan metode demonstrasi didukung media torso kerangka manusia berpengaruh terhadap minat belajar pada siswa kelas IV SDN Blimbing 3? (2) apakah penggunaan metode demonstrasi didukung media torso kerangka manusia berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya pada siswa kelas IV SDN Blimbing 3 ?(3) apakah penggunaan metode demonstrasi didukung media gambar berpengaruh  terhadap minat belajar pada siswa kelas IV SDN Blimbing 3? (4) apakah penggunaan metode demonstrasi didukung media gambar berpengaruh terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya pada siswa kelas IV SDN Blimbing 3?(5) adakah perbedaan pengaruh metode demonstrasi didukung media torso kerangka manusia dibandingkan metode demonstrasi didukung media gambar terhadap minat belajar pada siswa kelas IV SDN Blimbing 3?(6) adakah perbedaan pengaruh metode demonstrasi didukung media torso kerangka manusia dibandingkan metode demonstrasi didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya pada siswa kelas IV SDN Blimbing 3?

                Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh hasil kesimpulan ini adalah (1) Penggunaan metode demonstrasi didukung media torso kerangka manusia berpengaruh sangat signifikan terhadap minat belajar pada siswa kelas IV A SDN Blimbing 3 hal ini terbukti dari hasil th = 6,281 >  tt 1% = 2,797. (2) Penggunaan metode demonstrasi didukung media torso kerangka manusia berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya pada siswa kelas IV A SDN Blimbing 3 hal ini terbukti dari hasil th = 6,960 >  tt 1% = 2,797 dengan ketuntansan klasikal 89%.(3) Penggunaan metode demonstrasi didukung media gambar berpengaruh sangat signifikan terhadap minat belajar pada siswa kelas IV SDN Blimbing 3.Hal ini terbukti dari hasil th = 4,826 > tt 1% =  2,797. (4) Penggunaan metode demonstrasi didukung media gambar berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya pada siswa kelas IVB SDN Blimbing 3. Hal ini terbukti dari hasil th = 5,350 >  tt 1% = 2,797 dengan ketuntasan klasikal 54,96%. (5) Ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan penggunaan metode demonstrasi didukung media torso kerangka manusia dibanding metode demonstrasi didukung media gambar terhadap minat belajar pada siswa kelas IV SDN Blimbing 3 dengan keunggulan metode demonstrasi didukung media torso kerangka manusia, hal ini terbukti dari hasil th = 4,178 >  tt  1% = 2,704 dengan mean 84,00> 69,28. (6) Ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan metode demonstrasi didukung media torso kerangka manusia dibanding penggunaan metode demonstrasi didukung media gambar terhadap kemampuan mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya pada siswa kelas IV SDN Blimbing 3 dengan keunggulan metode demonstrasi didukung media torso kerangka manusia, hal ini terbukti dari hasil th = 4,547 >  tt  1% = 2,704 dengan mean 87,76> 73,60.

 

KATA KUNCI : metode demonstrasi , media torso kerangka manusia, minat belajar, kemampuan mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.

 


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Muhibbinsyah. 2016. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

 

Sudjana, Nana dan Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Aglesindo

 

Sulistyowati, Eka. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT. Bumi Aksara

 

 Sukardi, 2013.Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

 

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : BSNP.

 


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI