PENGEMBANGAN BUKU SAKU SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI CONTOH SEDERHANA PENGARUH GLOBALISASI PADA SISWA KELAS IV SDN KALIBELO KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

NOVA MARGARETA EKA Y.
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0009

Abstract

ABSTRAK

 

            Penelitian ini dilatarbelakangi hasil observasi, bahwa proses pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di sekolah dasar selama ini kurang efektif, karena pembelajaran masih berpusat pada guru dan saat proses belajar mengajar guru hanya menggunakan metode ceramah dan tanpa menggunakan media pembelajaran.

            Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan prosedur pengembangan buku saku, (2) mengetahui kevalidan pengembangan buku saku, (3) mengetahui keefektifan pengembangan buku saku sebagai media pembelajaran materi contoh sederhana pengaruh globalisasi pada siswa kelas IV sekolah dasar.

            Penelitian ini menggunakan model ADDIE menurut Hasyim (2016) yang terdiri dari 5 tahap yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), tetapi dimodifikasi hanya sampai tahap ADDI. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Setonorejo 2 dan SDN Kalibelo Kabupaten Kediri. Uji coba terbatas dilakukan terhadap 7 siswa dari SDN Setonorejo dan uji coba luas dilakukan terhadap 15 siswa dari SDN Kalibelo.

            Data dikumpulkan berdasarkan hasil validasi buku saku oleh Kukuh Andri Aka, M.Pd dan Karimatus Saidah, M.Pd selaku dosen ahli, Erna Latifah, S.Pd dan Malik Suprayogi, S.Pd selaku guru kelas IV SDN Setonorejo 2 dan SDN Kalibelo. Sedangkan kemampuan siswa berdasarkan hasil belajar menggunakan buku saku. Hasil validasi media pembelajaran diperoleh kategori sangat valid dengan persentase sebesar 90% oleh ahli media. Hasil validasi ahli materi PKn diperoleh persentase 84% termasuk kategori sangat valid. Hasil angket respon guru uji coba terbatas diperoleh persentase 86% dan uji coba luas diperoleh persentase mencapai 91% termasuk kriteria sangat baik. Nilai post test uji coba terbatas mendapat nilai rata-rata 83,7 dan uji coba luas 85,2 yang berarti kriteria ketuntasan di atas KKM ≥ 75, selain itu siswa tuntas secara klasikal mencapai 100%, maka media dikatakan efektif.

            Kesimpulan hasil penelitian pengembang ini telah dihasilkan buku saku sebagai media pembelajaran materi contoh sederhana pengaruh globalisasi, respon guru terhadap media yang dikembangkan, dan telah diterapkan dalam pembelajaran memperoleh hasil positif.

KATA KUNCI : buku saku, media pembelajaran, model ADDIE


Keyword

Buku saku, media pembelajaran, model ADDIE

Reference

Hasyim, A. 2016. Metode Penelitian dan Pengembangan di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.

Riduwan. 2010. Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta

Suhartini. 2019. Perspektif Global. Yogyakarta: UNY.

Widyoko, P. E. 2013. Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zunaidah, F.N.,& Amin, M. 2016. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Bioteknologi Berdasarkan Kebutuhan dan Karakter Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2 (1). (Online), tersedia http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jpbi/articel/view/336, diunduh 6 Desember 2017.


PUBLISHED

2019-02-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade