ABSTRAK
Berdasarkan dari hasil observasi yang dilakukan di SDN Sumbercangkring Gurah Kediri, ternyata dalam pembelajaran guru lebih cenderung menggunakan model konvensional dan tidak didukung media pembelajaran sehingga kurang menarik siswa. Hal ini terbukti dari nilai ulangan tengah semester yang di peroleh siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial rendah dan mayoritas 60% dibawah KKM. Sebagai upaya meningkatkan kemampuan perjuangan para tokoh perjuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang diperlukan metode dan media pembelajaran yang tepat (metode diskusi) agar siswa lebih tertarik, sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan hasil belajar yang maksimal.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilakukan pada dua kelas yaitu Kelas VA SDN Sumbercangkring sebagai kelompok eksperimen yang dibandingkan dengan siswa Kelas V B SDN Sumbercangkring sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data diperoleh dengan teknik tes. Data-data yang terhimpun dianalisis menggunakan uji t-tes.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa. (1) Penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing didukung media video berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang siswa kelas V SDN Sumbercangkring Gurah Kediri Tahun Ajaran 2018/2019 dengan tingkat ketuntasan klasikal 85,36%. Hal ini terbukti dengan nilai th 29,704 > tt 1% 2,473. (2) Penggunaan model Snowball Throwing tanpa didukung media video berpengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang siswa kelas V SDN Sumbercangkring Gurah Kediri Tahun Ajaran 2018/2019 dengan tingkat ketuntasan klasikal 9,29%. Hal ini terbukti dengan nilai th 12,331> tt 1% 2,473 (3) Ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing didukung media video dibanding model pembelajaran Snowball Throwing tanpa didukung media video terhadap kemampuan mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang siswa kelas V SDN Sumbercangkring Gurah Kediri, dengan keunggulan pada penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing didukung media video. Hal ini terbukti dengan nilai th 6,428 > tt 1% 2,397 dan dari hasil perbandingan post test KE = 85,89 > post test KK = 73,29.
Kata kunci : Snowball Throwing, media video, perjuangan para tokoh perjuang, masa penjajahan Belanda dan Jepang
Safitri, Diyan Tunggal. 2011. Metode Pembelajaran Snow-ball Throwing untuk Me-ningkatkan Hasil Belajar Mate-matika. Jurnal KALAM CEN-DEKIA, Volume 4, Nomor 3, hlm. 211 – 219. di unduh 11 Agustus 2018
Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : Referensi
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R & D IKAPI CV Alfa Beta
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung : Alfa Beta