Pengaruh Model Picture And Picture didukung Media Audio-Visual Terhadap Kemampuan Mengenal Sejarah Uang Pada Siswa Kelas III SDN Baye Tahun Ajaran 2018/2019


Author (Penulis)

SUDIBYO DWIJO PUTRO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0004

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan, bahwa siswa kelas III di SDN Baye kurang mampu memahami materi mengenal sejarah uang. Hal ini dibuktikan berdasarkan data yang diperoleh dari guru kelas III SDN Baye Kabupaten Kediri, keseluruhan kelas III sebanyak 42 siswa, tiap-tiap 21 siswa kelas eksperimen dan 21 siswa kelas kontrol. Baik dikelas eksperimen maupun di kelas kontrol ada sebelas (11) anak kurang mampu mengenal sejarah uang. Hal ini disebabkan oleh strategi pembelajaran yang digunakan guru kurang tepat. Untuk mengatasi permasalahan di atas, diperlukan model dan media pembelajaran. Salah satu jenis model yang dapat digunakan guru untuk pembelajaran IPS tentang mengenal sejarah uang adalah Model 0Picture and Picture didukung media audio-visual. 0 Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) Adakah pengaruh model0 picture and0 picture didukung media audio-visual terhadap kemampuan mengenal sejarah uang pada siswa kelas III SDN Baye Tahun Ajaran 2018/2019?. 2) Adakah pengaruh model picture and picture tanpa didukung media audio-visual terhadap kemampuan mengenal sejarah uang pada siswa kelas III SDN Baye Tahun Ajaran 2018/2019?. 3) Adakah perbedaan pengaruh yang signifikan model picture0 and picture 0didukung media audio-visual terhadap kemampuan mengenal sejarah uang, siswa kelas III SDN Baye Tahun Ajaran 2018/2019?. Subyek penelitian ini siswa kelas III-A sebanyak 21 siswa dan kelas III-B sebanyak 21 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksperimen dengan desain Nonrandomized Pretest-Posttest Control Group Design0dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes dan angket. Sedangkan instrumen penelitian menggunakan soal uraian berjumlah 20 soal. Teknik analisis data menggunakan statistik untuk mencari nilai rata-rata dan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh model picture and picture didukung media audio-visual terhadap kemampuan mengenal sejarah uang pada siswa kelas III SDN Baye Tahun Ajaran 2018/2019 dengan nilai thitung ? ttabel yaitu 19,1246 ? 2,086 dengan taraf signifikansi 5%. 2) Ada pengaruh model picture and picture tanpa didukung media audio-visual terhadap kemampuan mengenal sejarah uang pada siswa kelas III SDN Baye Tahun Ajaran 2018/2019 dengan nilai thitung ? ttabel yaitu 5,246 ? 2,086 dengan taraf signifikansi 5%. 3) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan model picture and picture didukung media audio-visual terhadap kemampuan mengenal sejarah uang, siswa kelas III SDN Baye Tahun Ajaran 2018/2019. Hal ini dapat dibuktikan dari thitung 5,335 ? ttabel2,020 pada taraf signifikan 5%, sehingga Ha diterima. Kata kunci: Model picture0and0Picture, Media Audio-Visual, Kemampuan Mengenal Sejarah Uang. 0

Keyword

Model Picture And Picture, Media Audio-Visual, Kemampuan Mengenal Sejarah Uang

Reference

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satu-an Pendidikan. Jakarta: Depdiknas. Sanaky, Hujair A.H. 2013. Media Pem-belajaran Interaktif-Inovatif. Yogya-karta: Kaukaba. Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pem-belajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pen-didikan (Pendekatan0Kualitatif, Kuantiatif dan R&D). Bandung: CV Alfabeta. Wati, Ega Rima. 2016. Ragam0Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.

PUBLISHED

2020-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade