PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENYEBUTKAN CONTOH ATURAN-ATURAN YANG BERLAKU DI LINGKUNGAN MASYARAKAT SEKITAR PADA SISWA KELAS 3 SDN PESUDUKUH KECAMATAN BAGOR KABUPATEN NGANJUK TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

DITA ISKASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0003

Abstract

ABSTRAK

 

Hasil pengamatan bahwa kemampuan menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat siswa kelas 3 SDN Pesudukuh rendah. Hal ini ditunjukkan oleh guru di sekolah dasar mengajarkan materi kurang bervariasinya model pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam kelas, sehingga banyak siswa yang pasif dan tidak antusias dalam mengikuti proses pembelajaran lemah.

Permasalahan pada penelitian ini adalah: (1) Apakah kemampuan menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat dengan menggunakan model pembelajaran STAD tanpa didukung media visual pada siswa kelas 3 SDN Pesudukuh Kabupaten Nganjuk tinggi? (2) Apakah kemampuan menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat dengan menggunakan model pembelajaran STAD  didukung dengan media visual terhadap pada siswa kelas 3 SDN Pesudukuh Kabupaten Nganjuk tinggi? (3) Adakah pengaruh model pembelajaran STAD didukung dengan media visual terhadap kemampuan menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat pada siswa kelas 3 SDN Pesudukuh Kabupaten Nganjuk?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas 3 SDN Pesudukuh Kabupaten Nganjuk sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas 3 SDN Sekarputih sebagai kelas kontrol. Teknik penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control design. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Tes yang digunakan berupa pilihan ganda  sebanyak 25 butir soal pretest dan posttest. Soal tersebut diberikan kepada siswa kelas 3 SDN Pesudukuh dan siswa kelas 3 SDN Sekarputih.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah tingginya kemampuan menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar menggunakan model pembelajaran STAD didukung dengan media visual. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai rata-rata yang didapat setelah perlakuan yaitu 84,36 masuk dalam kriteria kemampuan mendiskripsikan sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat menggunakan model pembelajaran STAD didukung media visual siswa kelas 3 SDN Pesudukuh sangat tinggi.

 

 

 

 

 

KATA KUNCI  : STAD, media visual, kemampuan menyebutkan contoh aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Aka, K.A. 2016. Komparasi penerapan model STAD dan TGT terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa (studi pada siswa kelas V mata pelajaran PKn di SDN Bendo 1, Kec. Pare, Kab. Kediri. Profesi Pendidikan Dasar, 103-111. Diunduh pada tanggal 14 Agustus 2018.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Sadiman, Arif. DKK. 2002. Model Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta : PT Rja Grafindo Persada

Soimen, Aris. 2014. Model pembelajaran, Jakarta: Alfabeta

Robert E. Slavin, 2005, Cooperativ Learning. Bandung : Nusa Media


PUBLISHED

2018-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 11 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI