PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE DIDUKUNG MEDIA VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBEDAKAN CIRI-CIRI LINGKUNGAN SEHAT DAN LINGKUNGAN TIDAK SEHAT SISWA KELAS III SDN MOJOROTO 1 DAN SDN SUKORAME 3 TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

DESI WULAN DARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.10.0002

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti bahwa aktivitas pembelajaran IPA di SD kurang inovatif yang meyebabkan peserta didik kurang dapat memahami materi pelajaran yang diajarkan guru. Aktivitas belajar yang tidak maksimal menyebabkan rendahnya hasil belajar.

Tujuan pada penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan model think pair share didukung media visual terhadap kemampuan membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat siswa kelas III SDN Mojoroto 1 tahun ajaran 2017/2018. (2) Mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan media visual tanpa model think pair share terhadap kemampuan membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat siswa kelas III SDN Sukorame 3 tahun ajaran 2017/2018. (3) Mengetahui perbedaan pengaruh pembelajaran menggunakan model think pair share didukung media visual dan pembelajaran menggunakan media visual tanpa model think pair share  terhadap kemampuan membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat siswa kelas III SDN Mojoroto 1 dan SDN Sukorame 3 tahun ajaran 2017/2018.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan subyek penelitian siswa kelas III SDN Mojoroto 1 dan SDN Sukorame 3. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, dengan menggunakan soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t.

Hasil penelitian ini adalah uji hipotesis 1 menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 yang artinya signifikan sehingga terdapat pengaruh, uji hipotesis 2 menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 yang artinya signifikan sehingga terdapat pengaruh, dan uji hipotesis 3 menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 yang artinya signifikan sehingga terdapat perbedaan pengaruh.

Simpulan penelitian ini adalah (1) Pembelajaran menggunakan model think pair share didukung media visual berpengaruh terhadap kemampuan membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat siswa kelas III SDN Mojoroto 1 tahun ajaran 2017/2018. (2) Pembelajaran menggunakan media visual tanpa model think pair share berpengaruh terhadap kemampuan membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat siswa kelas III SDN Sukorame 3 tahun ajaran 2017/2018. (3) Ada perbedaan pengaruh pembelajaran menggunakan model think pair share didukung media visual dan pembelajaran menggunakan media visual tanpa model think pair share  terhadap kemampuan membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat siswa kelas III SDN Mojoroto 1 dan SDN Sukorame 3 tahun ajaran 2017/2018.

Kata kunci: Model Think Pair Share, Media Visual.


Keyword

a

Reference

Agustiana. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika dan Kimia. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sufanti, Main. 2010. Strategi Pengajaran. Surakarta: Yuma Pressindo.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Surayya. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran  Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar  IPA ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa, 4. (Online), tersedia:http://pasca.undiksha.ac.id/ejournal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1105, diunduh 08 Mei 2017.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 07 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI