MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS ATAS PERMAINAN BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN DRIIL DAN PERMAINAN BOLA VOLI


Author (Penulis)

GATOT SUBAGIO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0547p

Abstract

Meningkatkan Hasil Belajar Servis Atas Permainan Bola Voli Dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Driil Dan Permainan Bola Voli, Skripsi, PENJASKESREK, FKIP UNP Kediri, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang sedang dalam taraf belajar teknik dasar bola voli, sehingga hasil belajar yang diperoleh masih kurang. Pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah pendekatan pembelajaran driil dan bermain. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana penggunaan pendekatan pembelajaran driil dan bermain dapat meningkatkan hasil belajar servis atas permainan bola voli siswa kelas VI SDN PAKIS V Surabaya tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas VI SDN PAKIS V Surabaya. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrumen berupa Silabus, RPP, dan lembar penilaian praktik. Dari penelitian yang dilakukan ada peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 8,3 dan peningkatan nilai prosentase sebesar 33,3%. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran driil dan bermain dapat meningkatkan hasil belajar servis atas permainan bola voli siswa kelas VI SDN PAKIS V Surabaya tahun ajaran 2015/2016.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-22

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 06 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI