PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN MENGGIRING BOLA MENGGUNAKAN BOLA STANDAR DAN KOMBINASI BOLA SERTA KEMAMPUAN GERAK DASAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGGIRING BOLA PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SDN BANYU URIP X SURABAYA
Author (Penulis)
KURNIAWAN HADI SAPUTRA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.1.01.09.0545p
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Perbedaan pengaruh antara latihan menggiring bola
menggunakan bola standar dan kombinasi terhadap kemampuan menggiring bola pada siswa
Ekstrakurikuler Sepakbola di SDN Banyu Urip X Surabaya tahun 2016. Penelitian ini menggunakan
metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa usia 10-12 tahun di SDN Banyu Urip
X Surabaya tahun 2016 berjumlah 70 anak . Dengan jumlah populasi 70 anak diambil 40 siswa
berdasarkan hasil tes kemampuan gerak dasar yang diklasifikasikan menjadi tiga yaitu kemampuan
gerak dasar tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data dengan tes dan pengukuran. Data
yang dikumpulkan yaitu kemampuan gerak dasar dengan Barrow Motor Ability Test (Standing Broad
Jump, Wall Pass, 60-Yard Dash) dan tes menggiring bola dari Nobert Rogalski & Ernest G. Diegel.
Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA 2 X 2 dan uji Newman Keuls. Berdasarkan hasil
penelitian diperoleh simpulan sebagai berikut : Ada perbedaan pengaruh yang meyakinkan antara
latihan menggiring bola menggunakan bola standar dan kombinasi bola terhadap kemampuan
menggiring bola pada siswa Ekstrakurikuler Sepakbola di SDN Banyu Urip X Surabaya tahun 2016,
latihan menggunakan kombinasi bola lebih baik pengaruh peningkatan kemampuan menggiring bola
daripada latihan menggunakan bola standar.