MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PERMAINAN TAMAN LOMPAT PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 LEBBEK PAKONG KABUPATEN PAMEKASAN
Author (Penulis)
MISWANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.1.01.09.0523
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas V SD Negeri Lebbek 1 PakongPamekasan tahun pelajaran 2015/ 2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Lebbek 1 PakongPamekasan tahun pelajaran 2015/ 2016 yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 9 siswa putra dan 11 siswa putri. Teknik pengumpulan data dengan tes pengukuran dan observasi proses kegiatan pembelajaran lompat jauh gaya jongkok dengan menggunakan alat bantu pembelajaran yaitu taman lompat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif. Prosedur penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan bahwa menggunakan alat bantu pembelajaran dengan taman lompat pendidikan jasmani dapat meningkatkan kemampuan lompat jauh pada siswa kelas V SD Negeri Lebbek 1 PakongPamekasan tahun pelajaran 2015/ 2016. Dari hasil analisis yang diperoleh terdapat peningkatan kemampuan lompat jauh gaya jongkok dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa, dari kondisi awal, siklus I hingga siklus II. Kemampuan rata-rata lompat jauh gaya jongkok pada kondisi awal (66,66), siklus I (72,12) dan siklus II (79,42), sehingga peningkatan dari kondisi awal hingga siklus II sebesar (12,76). Sedangkan prosentase ketuntasan hasil belajar pada kondisi awal (35%), siklus I (65%) dan siklus II (90%), sehingga peningkatan dari kondisi awal hingga siklus II sebesar (55%).
Kata Kunci : Permainan Taman Lompat, Hasil Belajar, Lompat Jauh Gaya Jongkok