Upaya meningkatkan hasil belajar gerak dasar lari jarak pendek melalui media pembelajaran yang dimodifikasi pada siswa kls V SDN Palalang I Pakong Kab. Pamekasan


Author (Penulis)

LUTHFI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0522

Abstract

ABSTRAK Luthfi : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Gerak dasar lari jarak pendek melalui media pembelajaran yang dimodifikasi Pada Kelas V SD Negeri Palalang 1 Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2015/2016. Kata Kunci : Gerak Dasar Lari Jarak Pendek, Media Pembelajaran (bilah,ban bekas,couns), Hasil Belajar Lari Jarak Pendek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui media pembelajaran yang dimodifikasi dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lari jarak pendek pada siswa kelas V SD Negeri Palalang 1 kecamatan Pakong kabupaten pamekasan Tahun Ajaran 2015/2016.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Palalang 1 Pakong kabupaten pamekasan Tahun Ajaran 2015/2016. yang berjumlah 22 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan melalui tes dan observasi pembelajaran gerak dasar lari jarak pendek. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik persentase. Prosedur penelitian menggunakan tahapan siklus daur yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: bahwa hasil kemampuan gerak dasar lari jarak pendek meningkat diperoleh nilai rata-rata prestasi belajar siswa adalah 67,27% dan ketuntasan belajar mencapai 65% atau ada 11 siswa dari 22 siswa sudah tuntas belajar pada akhir siklus I dan meningkat menjadi diperoleh nilai rata-rata tes formatif sebesar 75,22% dan dari 22 siswa yang telah tuntas sebanyak 22 siswa dan 0 siswa belum mencapai ketuntasan belajar. Maka secara klasikal ketuntasan belajar yang telah tercapai sebesar 100% (termasuk kategori tuntas). pada akhir siklus II. Simpulan penelitian ini adalah menggunakan media pembelajaran yang dimodifikasi dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lari jarak pendek pada siswa kelas V SD Negeri Palalang 1 Pakong kabupaten pamekasan Tahun Ajaran 2015/2016.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-17

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI