UPAYA MENINGKATKAN KECEPATAN LARI SPRINT MELALUI MEDIA VIDEO COMPACT DISK PADA SISWA KELAS VI SDN KADUARA BARAT III KABUPATEN PAMEKASAN TAHUN AJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
SULIWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.1.01.09.0511P
Abstract
Pendidikan jasmani pada dasarnya merupakan bagian integral dari sistem
pendidikan secara keseluruhan. Oleh karena itu, pelaksanaan pendidikan jasmani
harus diarahkan pada pencapaian tujuan tersebut. Tujuan pendidikan jasmani bukan
hanya mengembangkan ranah jasmani, tetapi juga mengembangkan aspek kesehatan,
kebugaran jasmani, keterampilan berfikir kritis, stabilitas emosional, keterampilan
sosial, penalaran dan tindakan moral melalui kegiatan aktivitas jasmani dan olah
raga.
Salah satu masalah utama yang sering terjadi didalam pembelajaran teknik
dasar lari khususnya jarak pendek (lari sprint), belum optimalnya siswa dalam
melaksanakan teknik dasar lari sprint. Pada proses pembelajaran teknik dasar lari
tersebut, terlihat banyak siswa tidak sungguh-sungguh dalam mengikuti pembelajaran,
siswa bermalas-malasan, dalam melakukan teknik dasar lari siswa terlihat acuh tak
acuh, sehingga hasil belajar yang diperoleh kurang maksimal dan memuaskan.
Rendahnya nilai hasil belajar siswa menggambarkan rendahnya tingkat
kemampuan siswa pada mata pelajaran tersebut diatas. Mata pelajaran Penjas dari
20 siswa kelas VI SDN Kaduara Barat III hasil tes formatif lari sprint juga masih
rendah . Jelas sekali terlihat bahwa adanya perbedaan tentang kenyatan di lapangan
dengan tujuan yang diharapkan pada kurikulum, juga dengan harapan yang di
inginkan guru dan peneliti pada umumnya yaitu siswa dapat mengikuti setiap
pembelajaran dengan antuasias atau semangat sehingga dapat mencapai nilai akhir
yang memuaskan. Berdasarkan permasalahan di atas, peneliti tertarik untuk meneliti,
“Upaya Meningkatkan Kemampuan Lari Sprint Melalui Media Video Compact Disc
pada Siswa Kelas VI SDN Kaduara Barat III Kabupaten Pamekasan Tahun Ajaran
2015/2016”.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media
Video Compact Disk dapat meningkatkan kecepatan lari sprint.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap siklus I
dan tahap siklus II. Tindakan yang dilakukan pada tiap siklus meliputi: (1)
perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian ini
dilaksanakan pada bulan November 2015 dengan subjek penelitian siswa kelas VI SDN
2
Kaduara Barat III Kabupaten Pamekasan tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 20
siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes praktik lari sprint, lembar observasi
siswa selama mengikuti pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan deskriptif
persentase untuk mengungkap hasil ketuntasan belajar.
Hasil pengamatan menunjukkan bahwa kecepatan lari sprint siswa mengalami
peningkatan. Dengan menggunakan media pembelajaran secara bertahap, hasil siklus
I menunjukkan bahwa 72,4 % siswa mencapai ketuntasan belajar . Hasil siklus II
menunjukkan bahwa 93,1 % siswa mencapai ketuntasan belajar. Karena persentase
ketuntasan hasil belajar siswa melampaui 80%, penelitian tindakan kelas ini telah
mencapai indikator keberhasilan.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Melalui pembelajaran dengan
media video compact disc secara bertahap dapat meningkatkan kecepatan lari sprint
pada siswa kelas VI SD Negeri Ngringin 1 tahun ajaran 2014/2015.(2) Melalui
pembelajaran dengan media video compact disc dapat meningkatkan hasil belajar
siswa. Saran peneliti meliputi beberapa hal, yaitu: (1) penggunaan media video
compact disc dapat menjadi alternatif bagi guru penjasorkes untuk diterapkan pada
materi lari sprint, (2) guru hendaknya mengkondisikan siswa agar dapat mengikuti
pembelajaran dengan efektif, dan melakukan pendampingan selama proses
pembelajaran.
Kata kunci: Media Video Compact Disc, Lari Sprint.