PENGARUH GAYA MENGAJAR RESIPROKAL TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLAVOLI PADA SISWA KELAS IX MTs MUHAMMADIYAH 02 BLORA TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
SUTOMO
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.1.01.09.0490P
Abstract
Abstrak
SUTOMO. NPM:14.1.01.09.0490P ”Pengaruh Gaya Mengajar Resiprokal Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli Pada Siswa Kelas IX MTs Muhammadiyah 02 Blora Tahun Pelajaran 2015/2016”. Skripsi. Universitas Nusantara PGRI (UNP Kediri). FKIP. Jurusan / Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi. 2016.
Kata kunci: gaya mengajar, resiprokal, hasil belajar, dan passing bawah bolavoli
Pengelolaan proses belajar mengajar yang baik akan mempunyai dampak positif dalam hal partisipasi siswa terhadap aktivitas fisik dan olahraga. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar resiprokal terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli pada siswa kelas IX MTs Muhammadiyah 02 Blora Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan one group pretest-postest design. Variabel independen adalah gaya mengajar resiprokal dan variabel dependent adalah hasil belajar passing bawah bolavoli. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa putri kelas IX MTs Muhammadiyah 02 Blora Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan menggunakan Teknik sampling menggunakan sampling purposive didapatkan sampel sebanyak 28 siswa, pengumpulan data melalui tes passing bawah bolavoli, kemudian dianlisis dengan menggunakan uji statistik T-Test Paired dengan standart signifikan (? = 0,05).
Hasil penelitian didapatkan hasil nilai mean hasil tes passing bawah bolavoli sebelum treatment sebesar 38,82, sedangkan sesudah treatment sebesar 56,32 dengan peningkatan pengaruh sebesar 44,90%. Berdasarkan dari uji statistik uji t-test didapatkan nilai thitung (23,6435) yang lebih kecil dari ttabel (1,7033) maka dapat disimpulkan H0 ditolak, dalam artian bahwa pengaruh gaya mengajar resiprokal terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli siswa kelas IX MTs Muhammadiyah 02 Blora yang signifikan.
Gaya mengajar resiprokal memiliki efektivitas dalam meningkatkan hasil belajar passing bawah dalam permainan bolavoli. Oleh karena itu, dalam memberikan pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan passing bawah bolavoli menerapkan metode pembelajaran yang tepat salah satu adalah dengan memberikan pengajaran passing bawah bola voli dengan gaya mengajar resiprokal.