PENINGKATAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH PERMAINAN BOLAVOLI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN TANJUNGGUNUNG PETERONGAN JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

Moch. Hanik
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0466P

Abstract

ABSTRAK Dalam proses pembelajaran penggunaan metode mempunyai peran dan kegunaan yang sangat penting. Dalam kegiatan pembelajaran tersebut ketidak minatan peserta didik terhadap materi yang diberikan dapat diatasi dengan cara membuat strategi pembelajaran yang menarik, dan strategi itu berperan sebagai metode pembelajaran langsung. Dengan demikian peserta didik akan lebih mudah melaksanakan materi dengan penggunaan metode yang diterapkan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tanjunggunung Peterongan Jombang yang berjumlah 34 peserta didik. Penelitian ini merupakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh pembelajaran langsung dalam meningkatkan kemampuan passing bawah dalam permainan bolavoli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan model pembelajaran langsung dalam meningkatkan kemampuan passing bawah dalam permainan bolavoli. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan disimpulkan bahwa ada peningkatan pembelajaran dari hasil adanya upaya meningkatakan passing bawah dalam permainan bolavoli pada peserta didik. Pengumpulan data menggunakan sistem pembelajaran dengan II siklus. Melalui analisis data tiap siklus pembelajaran maka diperoleh data yang menunjukan bahwa pada pembelajaan siklus pertama yang diperoleh sebanyak (57%) peserta didik yang tuntas belajar, responden peserta didik terhadap pembelajaran mencapai (55%). Sedangkan pada pembelajaran siklus kedua sebanyak (81%) yang tuntas belajar dan respon peserta didik terhadap pembelajaran mencapai (84%). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran langsung untuk meningkatakan kemampuan passing bawah pada peserta didik menunjukan perbedaan yang signifikan bila dibandingkan. Kata kunci : Passing bawah bolavoli, pembelajaran langsung

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-07-31

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI