SURVEY TINGKAT KAPASITAS OKSIGEN MAKSIMAL (VO2MAKS) DAN TINGGI LOMPATAN PADA PEMAIN BULUTANGKIS BHIRAWA KOTA MALANG


Author (Penulis)

RIYAN RINALDY
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0411

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kapasitas oksigen maksimal (VO2 maks) dan tinggi lompatan pemain bulutangkis Bhirawa Kota Malang Tahun 2018.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survey. Populasi dalam penelitian adalah atlet PB Bhirawa kota Malang yang berjumlah 30 orang. Sampel dalam penelitian yang digunakan sebanyak 25 pemain dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: survei tingkat kapasitas oksigen maksimal (VO2 maks) dan kekuatan daya ledak otot tungkai pemain bulutangkis Bhirawa Kota Malang yang menggunakan 25 pemain sebagai sampel menunjukkan bahwa terdapat 1 pemain (4%) dengan kategori baik, 1 pemain (4%) dengan kategori sedang, 3 pemain (12%) dengan kategori buruk, 20 pemain (80%) dengan kategori buruk sekali dan tidak ada satupun pemain atau 0% dengan kategori superior dan baik sekali. Sedangkan untuk tes kekuatan daya ledak otot tungkai yang menggunakan vertical jump, menunjukkan bahwa terdapat 17 pemain (68%) dengan kategori sedang, 7 pemain (28%) dengan kategori kurang, 1 pemain (4%) dengan kategori kurang sekali dan tidak ada satupun pemain atau 0% dengan kategori baik dan baik sekali.

Berdasarkan kesimpulan penelitian ini disarankan bahwa:1) Hendaknya pihak klub Bhirawa Kota Malang harus memperhatikan dan meningkatkan pola pembinaan VO2 maks dan kekuatan otot tungkai pemainnya. 2) Hendaknya pelatih Bhirawa Kota Malang memiliki program latihan untuk meningkatkan VO2 maks dan kekuatan daya ledak otot tungkai sesuai dengan prinsip-prinsip latihan. 3) Untuk mencapai prestasi yang maksimal tidak cukup latihan di klub sesuai dengan jadwal yang ada, lebih baiknya pemain menambah latihan di rumah terutama latihan fisik dan teknik dan meningkatkan VO2 maks dan kekuatan otot tungkai masing-masing pemain karena masih jauh dari kategori baik sekali, agar prestasi yang akan dicapai benar-benar maksimal sesuai yang diharapkan.

 

 

            Kata kunci: Tingkat Kapasitas Oksigen Maksimal (VO2 maks) dan Tinggi Lompatan.


Keyword

VO2MAKS, TINGGI LOMPATAN, BULUTANGKIS

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

 

Budiwanto, S.. 2013. Dasar-dasar Teknik dan Taktik Bermain Bulutangkis. Malang: UM Press.

M. Sajoto. 2005. Peningkatan dan Peningkatan kondisi Fisik Dalam Olahraga. Semarang: Dahara Prize.

 

Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabet.

 

Watulingas, Intan, Rampengan, Jornan, J.V, & Polii, Hedison. 2013. Pengaruh Latihan Fisik Aerobik Terhadap VO2max Pada Mahasiswa Pria dengan Berat Badan Lebih (Overweight). Jurnal e-Biomedik (eBM), Tersedia (Online). (http:// ejournal.unsrat.ac.id/index.php/.../2803). Diakses 28 Oktober 2018.

 


PUBLISHED

2019-02-11

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade