PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM PERMAINAN BOLA VOLI PADA SISWA KELAS VIIIA MTS DARUL HIKMAH NGANCAR KABUPATEN KEDIRI TAHUN AJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

ARIF WAHYU RAHMADI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0401

Abstract

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah dalam permainan bolavoli pada Siswa Kelas VIII SMP Darul Hikmah  melalui model pembelajaran Numbered Head Together (NHT).

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas( PTK ). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa Siswa Kelas VIII SMP Darul Hikmah  yang berjumlah 30 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan penilaian hasil belajar passing bawah bolavoli. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif kualitatif dengan hasil prosentase.

Dari hasil analisis yang dilakukan, diperoleh peningkatan yang signifikan daripratindakanke siklus I dan siklus II. Prestasi belajar passing bawah bolavoli pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 63,89% atau 22 siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan prosentase prestasi belajar siswa dalam kategori tuntas sebesar 77,78% atau sejumlah 27 siswa.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah dalam permainan bolavoli pada Siswa Kelas VIII SMP Darul Hikmah .

 

KATA KUNCI: Model pembelajaran, Numbered Head Together (NHT), passing bawah


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

 

Ahmadi, N. (2007). Panduan Olahraga Bola Voli. Surakarta : Era Pustaka Utama.

 

Barbara L. Viera, MS & Fergusson Bonnie Jill. (2000). Bola Voli Tingkat

               Pemula.Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

 

Depdiknas. (2011). Kurikulum 2004 SMA Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. Depdiknas.

 

Dimyati & Mujiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineke Cipta

 

Huda, M. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

Isjoni. (2011). Cooperative Learning. Bandung : Alfabeta.

 

Kristiyanto, A. (2010). Memperluas Permainan Bolavoli Di Masyarakat Kita. Cetakan 1. Surakarta : UNS Press.

 

______________. (2010). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam Pendidikan  Jasmani dan Kepelatihan Olahraga. Surakarta : UNS Press.

 

Munasifah. (2008). Bermain Bola Voli. Semarang : Aneka Ilmu.

 

Percailmu. (2010). Metode Pembelajaran Kooperatif. Diperoleh 15 Juli 2012, dari http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2086586-metode-pembelajaran-kooperatif/#ixzz20i93z8LR

 

Samsudin. (2008). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMA/MA. Jakarta : Litera.

 

Sugiyanto. (1994). Belajar Gerak. Surakarta : UNS Press.

 

Suharno. (1974).  Permainan Bola Volley. Yogyakarta : Gadjah Mada University

Press.

 

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rhineka Cipta.

 

Suprijono, A. (2011). Cooperative Learning. Cetakan V. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

 

Yunus, M. (1992). Olahraga Pilihan Bola Voli. Jakarta : Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi.


PUBLISHED

2020-02-21

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 06 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI