Pengaruh Penggunaan Bola Krawnjang Terhadap Teknik Dasar Sepak Sila Pada Sepak Takraw Pada Club Upasgam Kabupaten Blitar


Author (Penulis)

SITI JUARIAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0394

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena banyaknya yang melakukan sepak sila dengan gerakan yang salah sehingga peneliti ingin menggunakan metode latihan bola krawnjang agar memberi inovasi latihan yang diharapkan adanya peningkatan kemampuan sepak sila pada anak.

            Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana penerapan bola krawnjang dapat meningkatkan kemampuan anak dalam melakukan sepak sila. Peneliti ingin melihat seberapa berpengaruh penggunaan bola krawnjang dalam meningkatkan kemampuan anak dalam sepak sila sehingga dapat meningkatkan kualitas anak tersebut.

            Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Menggunakan sampel seluruh anak pada club sepak takraw Upasgam. Peneliti menggunakan teknik penelitian pretest dan posttest agar dapat membadingkan hasil kemampuan sepak sila siswa agar dapat dilihat pengaruhnya.

            Kesimpulan hasil penelitian ini adalah adanya pengaruh penggunaan bola krawnjang terhadap hasil sepak sila siswa. Dengan hasil penilaian rata-rata awal siswa 48,89, dengan adanya beberapa treatmen rata-rata nilai teknik dasara sepak sila siswa menjadi 76,67 dengan peningkatan 56,82%. Dengan adanya treatmen tersebut teknik dasar sepak sila siswa menjadi lebih baik dan menggunakan teknik yang benar.

            Berdasarkan hasil dari kesimpulan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil sepak sila siswa menggunakan bolakrawnjang, siswa diharap mendapatkan teknik dasar sepak sila yang lebih benar dengan adanya penelitian ini. Gurupun diharap agar lebih inovatif dalam pembelajaran sehingga siswa lebih meningkatkan semangat siswa.


Keyword

Sepak Takraw, Bola Krawnjang

Reference

Ali, Nur dan Wardoyo, H. 2018. Pengembangan Model Latihan Sepak Sila Pada Permainan Sepak Takraw, 111-126, (online) tersedia: (http://journal .unj.ac.id) diunduh 13 Januari 2019

Buku Pedoman Penulisan Skripsi. 2017. Universitas Nusantara    PGRI Kediri.

Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran Paud. Jogjakarta: AR-Ruzz Media.

Hanif, Achmad Sofyan. 2015. Kepelatihan Dasar Sepak Takraw. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Iyakrus. 2012. Permainan Sepak Takraw. Palembang: Unsri Press.

Maksum, Ali. 2009. Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Tanpa Penerbit.

Maksum, Ali. 2012. Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Maksum, Ali. 2009. Statistik dalam Olahraga. Surabaya: Tanpa Penerbit.

Olahraga asli kota kediri. Http://koranmemo.com/olahraga-asli-kota-kediri-krawnjang/ , diakses pada 22 Januari 2019

Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.


PUBLISHED

2020-02-13

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 06 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade