PERBEDAAN PENGARUH METODE AUDIO VISUALDAN KONVENSIONAL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN SERVIS PANJANG BULUTANGKIS PADA SISWA KELAS IV SD N DEMPO BARAT 2 TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

Miswar
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0384P

Abstract

PERBEDAAN PENGARUH METODE AUDIO VISUAL DAN KONVENSIONAL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN SERVIS PANJANG BULUTANGKIS PADA SISWA KELAS IV SD N DEMPO BARAT 2 PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Oleh : Miswar NPM: 14.1.01.09.0384P ABSTRAK Miswar. PERBEDAAN PENGARUH METODE AUDIO VISUAL DAN KONVENSIONAL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN SERVIS PANJANG BULUTANGKIS PADA SISWA KELAS IV SD N DEMPO BARAT 2 PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi. Kediri: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Mengetahui perbedaan pengaruh antara metode audio visual dan konvensional terhadap peningkatan kemampuan servis panjang bulutangkis pada Siswa Kelas IV SD N DEMPO BARAT 2 Pamekasan Tahun Pelajaran 2015/2016. 2) Mengetahui metode latihan mana yang lebih baik pengaruhnya antara metode audio visual dan konvensional terhadap peningkatan kemampuan servis panjang bulutangkis pada Siswa Kelas IV SD N DEMPO BARAT 2 Pamekasan Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah pada Siswa Kelas IV SD N DEMPO BARAT 2 Pamekasan Tahun Pelajaran 2015/2016.. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan regresi linier berganda menggunakan uji t. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive random sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 30. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan pengukuran kemampuan servis panjang bulutangkis dengan Long Serve Test dari Paedagogia. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan: 1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode audio visual dan metode konvensional terhadap kemampuan servis panjang bulutangkis pada Siswa Kelas IV SD N DEMPO BARAT 2 Pamekasan Tahun Pelajaran 2015/2016., (t hitung = 4,049 > t tabel= 2,145). 2) Metode audio visual memiliki pengaruh yang lebih baik dan efektif dari pada metode konvensional terhadap kemampuan servis panjang bulutangkis pada Siswa Kelas IV SD N DEMPO BARAT 2 Pamekasan Tahun Pelajaran 2015/2016. Peningkatan kemampuan servis panjang bulutangkis kelompok I (kelompok yang mendapat perlakuan metode audio visual ) = 5,167% > kelompok II (kelompok yang diberi perlakuan metode konvensional) = 4,321%. PENDAHULUAN Bulutangkis merupakan salah satu cabang olahraga permainan yang berkembang di Indonesia. Permainan bulutangkis berkembang sejak zaman penjajahan Belanda. Sampai saat ini permainan bulutangkis masih tetap eksis dan memasyarakat di Indonesia. Hampir di setiap daerah dibangun gedung-gedung atau arena bulutangkis. Dibangunnya gedung-gedung bulutangkis dijadikan sarana untuk mengadakan latihan atau membina atlet-atlet muda agar dapat berprestasi. Agar dapat mempertahankan dan meningkatkan pretasi atlet-atletnya diperlukan suatu pola pembinaan khusus. Sehingga kualitas dan kuantitas dari Persatuan Bulutangkis dapat meningkat. Adapun unsur-unsur yang harus dilatih dan dikembangkan dalam pembinaan dan pelatihan olahraga bulutangkis meliputi: aspek teknik, aspek fisik, aspek taktik dan strategi serta, aspek mental (Saiful Aristanto, 1990: 3-4). Aspek teknik, aspek fisik, aspek taktik dan strategi serta, aspek mental merupakan aspek-aspek yang tidak dapat dipisahkan dalam upaya mencapai prestasi yang tinggi dalam permainan bulutangkis. Keempat aspek tersebut harus dikembangkan secara bersama-sama. Aspek-aspek tersebut harus diberikan secara sistematis dan kontinyu serta terprogram yang didasarkan pada prinsip-prinsip latihan yang benar. PEMBAHASAN Karakteristik Permainan Bulutangkis Bulutangkis merupakan salah satu jenis olahraga yang termasuk dalam kategori permainan. Bulutangkis sering pula dikenal dengan nama badminton. Permainan bulutangkis dilakukan dengan menggunakan alat khusus, yaitu net, raket dan shuttlecock. Shuttlecock yang digunakan dalam pertandingan resmi harus terbuat dari bulu angsa yang berwarna putih. Lapangan permainan berbentuk segi empat dan dibatasi oleh net untuk memisahkan antara daerah permainan sendiri dan daerah permainan lawan. Tujuan permainan bulutangkis adalah berusaha untuk menjatuhkan shuttlecock di daerah permainan lawan dan berusaha agar lawan tidak dapat memukul shuttelcock dan menjatuhkannya di daerah permainan sendiri. Permainan bulutangkis merupakan permainan yang bersifat individual yang dapat dilakukan dengan cara satu orang melawan satu orang atau dua orang melawan dua orang. Dalam pelaksanaan permainan bulutangkis dibutuhkan keterampilan gerak yang baik. Permainan bulutangkis dilakukan dengan gerakan memukul menggunakan raket, gerakan berdiri, melangkah, berlari, gerakan menggeser, gerakan meloncat, gerakan badan ke berbagai arah dari posisi diam dan lainn sebagainya. Dari semua gerakan itu terangkai dalam satu pola gerak yang menghasilkan suatu kesatuan gerak pemain bulutangkis untuk menyelesaikan tugas. Menurut Herman Subardjah (1999/2000: 14) bahwa, ”Dilihat dari rumpun gerak dan jenis keterampilan bulutangkis seluruh gerakan yang ada dalam bulutangkis bersumber pada tiga keterampilan dasar yaitu lokomotor, non lokomotor dan manipulatif”. Metode audio visual lebih baik pengaruhnya terhadap peningkatan kemampuan sevis panjang bulutangkis Berdasarkan karakteristik dari metode audio visual dan konvensional menunjukkan bahwa, metode audio visual memilliki pengaruh yang lebih baik terhadap peningkatan kemampuan servis panjang bulutangkis. Hal ini karena, metode audio visual dilakukan dengan pemanfaatan media terjadi secara optimal, dan terjadi interaksi antara pelatih dan pemain sehingga pemain tidak pasif selama proses latihan. Ciri-ciri metode audio visual ini sangat dibutuhkan untuk mengembangkan kemampuan servis panjang. Metode yang diberikan secara sistematis dan kontinyu serta berpedoman pada cara-cara melatih pukulan servis panjang dengan benar, maka kemampuan servis panjang akan meningkat secara optimal. Selain itu metode ini juga mengoptimalkan pemanfaatan media audio visual,dimana alat yang digunakan adalah video. Materi yang disampaikan memperlihatkan suatu peristiwa teknik pukulan servis panjang secara berkesinambungan, menggambarkan suatu proses secara tepat yang dapat disaksikan berulang-ulang sehingga pemain mampu melihat serta mengkoreksi teknik gerakan servis panjang dengan benar. Metode konvensional hanya menyajikan materi secara lisan atau ceramah, proses latihan berpusat pada pelatih sedang pemain hanya pasif sehingga interaksi antara pelatih dengan pemain tidak optimal. Perumusan Hipotesis Berdasarkan tinjauan pustaka dan kerangka pemikiran yang telah dikemukakan dapat dirumuskan hipotesis sebagai berikut: 1. Ada perbedaan pengaruh metode audio visual dan konvensional terhadap peningkatan kemampuan servis panjang bulutangkis Pada Siswa Kelas IV SD N DEMPO BARAT 2 Tahun Pelajaran 2015/2016. 2. Metode audio visual lebih baik pengaruhnya terhadap peningkatan kemampuan sevis panjang bulutangkis Pada Siswa Kelas IV SD N DEMPO BARAT 2 Tahun Pelajaran 2015/2016 Jenis dan Rancangan Penelitian Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Dasar penggunaan penelitian eksperimen yaitu kegiatan percobaan yang diawali dengan memberikan perlakuan kepada subjek yang diakhiri dengan suatu bentuk tes guna mengetahui pengaruh perlakuan yang telah diberikan. Sedangkan rancangan yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Design KESIMPULAN Kelompok I yang diberikan metode audio visual memiliki nilai persentase peningkatan kemampuan servis panjang sebesar 5,167%. Sedangkan pada kelompok II yang diberikan metode konvensional memiliki peningkatan kemampuan servis panjang sebesar 4,321%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kelompok I memiliki persentase peningkatan kemampuan servis panjang yang lebih besar dari kelompok II. Metode audio visual ternyata dapat memberikan rangsangan yang lebih efektif untuk mengoreksi teknik gerakan servis panjang yang benar sehingga memberikan rangsangan untuk pembentukan servis panjang yang lebih baik pada pemain. Pelaksanaan metode audio visual lebih mengoptimalkan pemanfaatan media sehingga terjadi interaksi antara pelatih dan pemain sehingga pemain tidak pasif selama proses latihan. Materi yang disampaikan memperlihatkan suatu peristiwa teknik pukulan servis panjang secara berkesinambungan, menggambarkan proses secara tepat yang dapat disaksikan berulang-ulang sehingga pemain mampu melihat serta mengkoreksi teknik gerakan servis panjang dengan benar. Dengan hal tersebut, maka dapat meningkatkan kemampuan servis panjang yang lebih baik dari pada metode konvensional. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa, metode audio visual lebih pengaruhnya terhadap peningkatan kemampuan servis panjang bulutangkis Pada Siswa Kelas IV SD N DEMPO BARAT 2 Tahun Pelajaran 2015/2016, dapat diterima kebenarannya. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data yang telah dilakukan, dapat diperoleh simpulan sebagai berikut: 1. Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode audio visual dan metode konvensional terhadap kemampuan servis panjang bulutangkis Pada Siswa Kelas IV SD N DEMPO BARAT 2 Tahun Pelajaran 2015/2016, (t hitung = 4,049 > t tabel= 2,145). Metode audio visual memiliki pengaruh yang lebih baik dan efektif dari pada metode konvensional terhadap kemampuan servis panjang bulutangkis Pada Siswa Kelas IV SD N DEMPO BARAT 2 Tahun Pelajaran 2015/2016. Peningkatan kemampuan servis panjang bulutangkis kelompok I (kelompok yang mendapat perlakuan metode audio visual) = 5,167% > kelompok II (kelompok yang diberi perlakuan metode konvensional) = 4,321%. DAFTAR PUSTAKA Arief S Sadiman, Dr, M.Sc, dkk. 2002. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada Azhar Arsyad, Prof, Dr, M.A.2004. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta Departemen Pendidikan Nasional. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka.Fasaebila.blogspot.com Oemar Hamalik. 1990. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo Herman Subardjah. 1999/2000. Bulutangkis. Jakarta: Depdikbud. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III Icuk Sugiarto. 1993. Strategi Mencapai Juara Bulutangkis. Jakarta: CV. Setyaki Eka Anugrah James Poole. 2005. Belajar Bulutangkis. Bandung.CV. Pionir Jaya Nosseck , Josef. 1982. General Theory of Training. Lagos: National Institute for Sport Saiful Aristanto. 1990. Pola Dasar Pembinaan Bulutangkis. Kudus: Djarum Kudus Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito Suharno HP. 1993. Metodologi Kepelatihan. Yogyakarta: Yayasan STO Sutrisno Hadi. 1995. Metodologi Research Jilid IV. Yogyakarta: Andi Offset . 2004. Statistik Jilid 3. Yogyakarta: Andi Offset Tohar. 1992. Bulutangkis Olahraga Pilihan. Jakarta: Depdikbud. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Pendidikan Guru dan Tenaga Teknis Bagian Proyek Peningkatan Mutu Guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan SD Setara D-II. Tony Grice. 2002. Petunjuk Praktis Bermain Bulutangkis Untuk Pemula dan Lanjut. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-13

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI