PENERAPAN PENDEKATAN BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA KELAS V SD N TANJUNG 2 TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

Winarno Surahman
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0380P

Abstract

Winarno Surahman. PENERAPAN PENDEKATAN BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA KELAS V SDN TANJUNG II TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Nusantara PGRI Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok melalui pendekatan bermain Pada Siswa Kelas V SDN Tanjung II Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan, dan refleksi. Subjek Penelitian adalah siswa Pada Siswa Kelas V SDN Tanjung II yang berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 17 siswa putra dan 16 siswa putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Prosedur penelitian menggunakan tahapan daur siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar lompat jauh gaya jongkok dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Data psikomotor pembelajaran gerak dasar lompat jauh gaya jongkok pada kondisi awal yang semula 8 siswa atau 24% meningkat pada akhir siklus I menjadi 24 siswa atau 72% dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 29 siswa atau 87% dari jumlah keseluruhan siswa. Data aktivitas siswa (Afektif) dalam pembelajaran pada kondisi awal yang semula 12 siswa atau 36% meningkat pada akhir siklus I menjadi 16 siswa atau 48% dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 23 siswa atau 69% dari jumlah keseluruhan siswa. Data pemahaman konsep atau nilai kognitif siswa terhadap materi gerak dasar lompat jauh gaya jongkok pada kondisi awal yang semula 20 siswa atau 60% meningkat pada akhir siklus I menjadi 22 siswa atau 66% dan pada akhir siklus II menjadi 23 atau 69%. Hasil belajar yang diperoleh berdasarkan ranah psikomotor, afektif, dan kognitif terdapat peningkatan yang signifikan dari kondisi awal, siklus I dan siklus II. Hasil belajar gerak dasar lompat jauh gaya jongkok yang tuntas pada kondisi awal sebanyak 8 siswa atau persentase ketuntasan 24%. Siklus I mengalami peningkatan menjadi 19 siswa atau persentase ketuntasan 57%. Pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 25 siswa atau persentase ketuntasan menjadi 75% dari jumlah keseluruhan siswa. Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lompat jauh gaya jongkok Pada Siswa Kelas V SDN Tanjung II.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-13

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI