Upaya mengatasi kesulitan siswa MAPEL PENJASKESREK dalam melakuukan pola gerak lokomotor ( teknik jalan dan lari ) pada siswa kls II SDN Teja Timur IV Pamekasan


Author (Penulis)

MOH. BUDI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.09.0377

Abstract

Moh Budi ; “Upaya Mengatasi Kesulitan Siswa Mapel Penjasorkes Dalam Melakukan Gerak Dsar Lokomotor (tehnik Jalan Dan Lari ) Pada Siswa kelas II SDN Teja timur IV Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2015/2016”. Kata Kunci:Penjaskesrek, tehnik Jalan dan lari, Pemahaman siswa Pelaksanaan pendidikan jasmani dan olahraga merupakan sebuah investasi jangka panjang dalam upaya peningkatan mutu sumber daya manusia Indonesia, hasil yang diharapkan itu akan dapat dicapai dalam waktu cukup lama. Oleh karena itu, jasmani dan olahraga terus ditingkatkan dan dilakukan dengan kesabaran dan keikhlasan. Hal ini tentu diperlukan suatu tindakan yang mendukung terciptannya pembelajaran yang kondusif. Pengamatan terhadap pelaksanaan proses pembelajaran Olahraga Jalan dan lari di sekolah, menunjukkan bahwa banyak ditemukan masalah, kurangnya penguasaan ketampilan tehnik, maka perlu diajarkan secara mendalam tentang tehnik dasar olahraga lari sambung. Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: (a).Untuk mengetahui bagaimana kondisi sistem pengajaran Jalan dan laridi Kelas II SD Negeri Teja timur IV Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2015/2016 (b)Mengetahui faktor – faktor yang menghambat penguasaan Jalan dan lari yang baik dan benar pada siswa Kelas II SD Negeri Teja timur IV Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2015/2016. (c).Mencari cara mengatasi masalah yang dihadapi siswi Kelas II SD Negeri Teja timur IV Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2015/2016. (d).Memperoleh pengalaman dalam menyelenggarakan penelitian sederhana. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas II SD Negeri Teja timur IV Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2015/2016. Hasil peneitian menunjukkkan bahwa proses latihan yang kondusif dapat meningkatkan ketrampilan dalam pembelajaran Jalan dan lari dan dapat menggunakan berbagai tehnik dengan benar pada siswa Kelas II SD Negeri Teja timur IV Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2015/2016. Kesimpulan berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Jalan dan lari melalui model permainan dapat meningkatkan hasil belajar siswa . Data awal yang diperoleh dari siklus I Rata-rata kelas adalah sebesar 67,5% atau sebanyak 10 siswa yang memenuhi standar KKM sebesar 75,0 sedangkan 10 siswa atau sebesar 50% yang belum memenuhi KKM. Rata-rata nilai diakhir siklus II meningkat menjadi 20 atau sebesar 75,0% yang memenuhi KKM dan 20 siswa atau sebesar 100 % diatas KKM.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-02-18

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI